PadiMas Polsek Tugu, Bangun Interaksi dan Tampung Aspirasi Masyarakat

oleh

Polres Trenggalek – Masyarakat memiliki peran besar dalam terciptanya Kamtibmas yang kondusif, Tidak hanya sebagai objek tetapi juga subjek dari keamanan itu sendiri. Oleh sebab itu, kepolisian dalam hal ini Polres Trenggalek tak pernah lelah mendorong parsipasi masyarakat dalam Kamtibmas.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Polsek Tugu ini. Disela-sela kesibukannya berpatroli keliling wilayah, menyempatkan diri bertatap muka dengan warga Desa Pucanganak Kecamatan Tugu yang kebetulan saat itu sedang menggelar kerja bakti merapikan lapangan desa setempat.

Dalam kesempatan tersebut petugas patroli menyapa dan berbincang hangat. Topik yang dibahas pun bermacam-macam, mulai dari keamanan lingkungan, kesulitan hingga keinganan atau harapan masyarakat khususnya kepada Polri.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Tugu AKP Panut, S.H., mengatakan patroli yang mengedapan dialog dengan masyarakat tersebut merupakan implementasi dari program PadiMas atau Patroli Dialogis Menciptakan Kamtibmas yang dicanangkan oleh Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si.

“Menampung tiap aspirasi masyarakat. Jika ada massalah atau keluhan, anggota patoli bisa langsung memberikan pandangan dan sousinya, namun jika bukan dalam ranah kewenangan Polri, tentunya kita lakukan koordinasikan terlebih dahulu. Sehingga penyelesaian yang diberikan bisa lebih konkret.” Jelasnya.

Selain itu, dalam perbincangan tersebut, petugas juga menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas sesuai dengan perkembangan maupun dinamika yang menjadi tren saat ini seperti modus penipuan online maupun judi online. Tujuannya tentu saj aagar masyarakat bisa terhindar dari para pelaku kejahatan.

Pihaknya menambahkan, dari dialog atau interaksi tersebut, masyarakat memberikan respon positif dan berharap kegiatan serupa bisa dilakukan hingga pelosok, menyentuh kalangan masyarakat akar rumput dan membantu setiap permasalahan yang muncul.

Menanggapai hal tersebut, AKP Panut menegaskan, pihaknya akan lebih memasifkan kegiatan PadiMas ini dengan melibatkan personel yang lebih banyak dan titik lokasi yang berbeda agar jangkauannya menjadi lebih luas lagi.

No More Posts Available.

No more pages to load.