Kompolnas Melakukan Pengawasan Seleksi Penerimaan Calon Taruna Akpol T.A. 2023

oleh

Komisi Kepolisian Nasional Republik Indonesia (Kompolnas RI) ikut serta mengawasi pelaksanaan seleksi penerimaan taruna/taruni di Akademi Kepolisian 2023 yang dipimpin langsung oleh Drs. Pudji Hartanto Iskandar M.M. dan didampingi oleh Dr. (C) Yusuf, S.Ag., M.H. sebagai upaya mencegah malaadministrasi sekaligus mencegah adanya kecurangan² saat pelaksanaan tes yg dilakukkan di tingkat pusat setelah mereka calon taruna taruni lulus seleksi di daerah, pelaksanaan tes panitia pusat dilaksanakan di Akpol Semarang, Jawa Tengah mulai hari Selasa, (18/7/23).

“Kami melakukan pengawasan dalam proses pelaksanaan seleksi penerimaan calon Taruna/Taruni Akpol tahun 2023 dengan maksud tujuan utk melihat langsung pelaksanaanya sehingga diharapkan tidak ada lagi kecurangan atau komplain dr peserta tes ” Ujar Pudji Hartanto Selaku Anggota Kompolnas.

Mantan Gubernur Akpol periode 2014-2015 ini menjelaskan bahwa proses pelaksanaan seleksi pendaftaran calon Taruna Akpol melalui berbagai tahapan, mulai dari penelusuran mental kepribadian, pemeriksaan psikologi, akademik, jasmani hingga pemeriksaan penampilan dilaksanakan secara profesional & pelaksanaan tes telah menggunakan peralatan IT standart yg telah divalidasi sehingga saat selesai item yg dilaksanakan dapat terlihat secara transparan hasilnya & calon Taruna Taruni peserta tes juga langsung paraf saat itu sbg bukti syah hasil yg dilaksanakan, sy juga memperhatikan para petugas sebelum pelaksanaan memberi arahan petunjuk yg benar dlm tes yg boleh dilakukkan dan yg tidak boleh dilakukkan hal tsb dilakukkan dg tegas namun humanis.
Hal tsb diakui disampaikan disela sela peninjauan dilapangan oleh Irjen Pol Krisno H. Siregar, S.I.K., M.H. selaku Gubernur Akpol serta As SDM Kapolri yang diwakili oleh Brigjen Pol Nurworo Danang selaku Karo Dalpers & Karo Watpers Brigjen Pol Anwar menerima kedatangan anggota Kompolnas.

Kompolnas bertindak sebagai pengawas eksternal melakukkan tupoksinya sbg wujud mencegah timbulnya komplain atas pelaksanaan tes dimaksud sehingga apa yg menjadi program Kapolri ttg PRESISI juga dilaksanakan dlm proses seleksi dg tujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dg baik berkualitas.

“Kami melakukan pengawasan terhadap proses calon Taruna/Taruni Akpol Tahun 2023 berdasarkan jadwal yang kami peroleh, proses seleksi telah berlangsung sejak tanggal 6-24 Juli 2023” ujar Pudji .

Menurut dia, semua sudah secara profesional dilaksanakan di tingkat pusat diharapkan tdk ada lagi kecurangan² ataupun komplain dr peserta utk itu masing-masing wilayah atau di tingkat daerah diharapkan juga sdh menggunakan peralatan sesuai standard yang ada di pusat/Mabes,
karenanya perlu dipenuhi sesuai kebutuhan dan perkembangan dilapangan.

“Kami hadir untuk memastikan bahwa proses seleksi betul-betul berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip terkait dengan integritas dan transparansi serta kualitas seleksi yang terus harus berbobot,” tegas Pudji.

Usai berkeliling dalam rangka melihat seluruh Item tahapan Jasmani pada saat itu Pudji Hartanto bersama Anggota Kompolnas memberikan Contoh langsung dengan cara melakukan Push Up yg benar.

Terkait dengan hal itu, Kompolnas meminta panitia seleksi tetap harus bersikap transparan, tegas humanis dalam proses pelaksanaan seleksi & segera merespon apabila ada komplain dr peserta tes, mengakhiri peninjauannya Pudji mengucapkan selamat bertugas & terimakasih atas pelaksanaannya terus semangat sd akhir pelasanaan seleksi jaga integritas sehingga hasil rekruitmen calon Taruna Taruni yg akan didik di Akpol betul² mendapatkan sdm yg unggul sehingga nantinya akan menghasilkan perwira yg tangguh & unggul pula, ujar Pudji.