Petugas Patroli Polsek Himbau Para Pekerja Tentang Pentingnya K3

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Anggota Polsek Kampak Polres Trenggalek Brigadir Imron Rosyadi mengunjungi salah satu pabrik triplek serta memberikan himbauan kepada para pekerja untuk terapkan K3 (Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan Kerja), Rabu (11/10/2017).

Pengertian keselamatan kerja adalah keselamatan yang  bertalian dengan mesin, pesawat, alat kerja, bahan dan proses pengolahannya, landasan tempat kerja dan lingkungannya serta cara-cara melakukan pekerjaan. Keselamatan kerja bersasaran segala tempat kerja, baik didarat, didalam tanah, dipermukaan air, didalam air, maupun diudara. Tempat-tempat demikian tersebar pada segenap kegiatan ekonomi, seperti pertanian, industri, pertambangan, perhubungan, pekerjaan umum, jasa dan lain-lain. Salah satu aspek penting sasaran keselamatan kerja mengingat resiko bahanya adalah penerapan teknologi, terutama teknologi  yang lebih maju dan mutakhir. Keselamatan kerja adalah tugas semua orang yang bekerja. Keselamatan kerja adalah dari, oleh, untuk setiap tenaga kerja serta orang lainnya dan juga masyarakat pada umumnya. Keamanan kerja adalah unsur-unsur penunjang yang mendukung terciptanya suasana kerja yang aman, baik berupa materil maupun nonmaterial.

Brigadir Imron Rosyadi anggota Polsek Kampak Polres Trenggalek juga memberikan sedikit petunjuk tentang seragam kerja serta pemakaian pakaian mempertimbangkan bahaya yang mungkin dialami yaitu pakaian longgar, sobek, dasi, dan arloji tidak boleh dipakai di dekat bagian mesin, jika kegiatan produksi berhubungan dengan bahaya peledakan / kebakaran maka harus memakai pakaian yang terbuat dari seluloid, baju lengan pendek lebih baik daripada baju lengan panjang, benda tajam atau runcing tidak boleh dibawa dalam kantong, serta tenaga kerja yang berhubungan langsung dengan debu, tidak boleh memakai pakaian berkantong atau mempunyai lipatan.

“Mari jaga keselamatan kita saat bekerja, dan yang paling utama pabrik ini memproduksi triplek jadi jangan merokok di seputaran pabrik karena bisa mengakibatkan kebakaran” ujar Brigadir Imron Rosyadi anggota Polsek Kampak Polres Trenggalek.


Sumber : Polres Trenggalek