Bhabinkamtibmas Sampaikan Operasi Bina Kusuma 2017 Tentang Bahaya Narkoba

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Desa Sugihan Polsek Kampak Polres Trenggalek Bripka Hariyanto, SH melaksanakan kunjungan kerumah salah satu warga guna memberikan informasi seputar operasi bina kusuma 2017 tentang bahaya Narkoba, Rabu (11/10/2017).

Narkoba (singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif berbahaya lainnya) adalah bahan / zat yang jika dimasukan dalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup, maupun disuntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis.

Bripka Hariyanto, SH Bhabinkamtibmas Desa Sugihan Polsek Kampak Polres Trenggalek juga menyampaikan terkait berita terkini tentang maraknya siswa-siswi dilingkungan sekolah yang menjadi korban pil PCC (paracetamol, caffein dan carisoprodol).

Ketika disalahgunakan, PCC akan memiliki efek seperti narkoba. Mereka yang mengkonsumsi dapat merasakan efek seperti mabuk, berhayal, dan tertidur. Jika dikonsumsi secara terus menerus akan mengakibatkan kecanduan bahkan kematian.

Bripka Hariyanto, SH mengimbau, agar para orangtua lebih melakukan pengawasan melekat pada anak-anaknya. Anak senantiasa diberi pengetahuan tentang bahaya narkoba agar tidak melakukan penyalahgunaan terhadap obat-obatan terlarang. Karena pemahaman kepada anak-anak sangatlah penting untuk mencegah setiap kemungkinan yang tidak diinginkan.

“Mari jaga anak-anak kita dari bahaya Narkoba, karena selain merusak diri sendiri juga para pengguna / pemakai, pengedar dst akan berurusan dengan hukum yang berlaku, serta perlu diketahui bahwa jika pil PCC tak sesuai resep dan berlebihan juga dapat menyebabkan kanker. Karena PCC ini ada banyak kandungan bahan kimianya” ujar Bripka Hariyanto, SH.


Sumber : Polres Trenggalek