Ingatkan Pemilik Warung Dalam Mengantisipasi Kejahatan Penipuan

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Dalam mengingatkan adanya bahaya penipuan via telepon yang menyasar pemilik warung makanan dengan modus memesan sejumlah makanan dan meminta mengirimkan pulsa ke nomor yang memesan dengan mengatasnamakan pihak Kepolisian barusan terjadi di wilayah Trenggalek bagian selatan. Guna mengantisipasi kejadian yang sama agar tidak terjadi di wilayah Polsek Pule Polres Trenggalek dilakukannya kegiatan dialogis dengan pemilik warung lalapan di Simpang Lima Kasrepan Desa Jombok, Selasa (10/10/2017).

“Kami ingatkan agar berhati – hati bila mendapat pesanan makanan yang mengatasnamakan pihak Kepolisian (Polsek Pule Polres Trenggalek), mengingat adanya beberapa dari pemilik warung yang mengalami kerugian akibat ditelepon seseorang. Dengan modus minta transfer pulsa dengan mengatasnamakan pihak Kepolisian, yang sebelumnya akan memesan makanan kepada pemilik warung, ” Kata Kanit Sabhara Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Mukani, SH kepada pemilik warung lalapan dan ayam goreng di jalan raya Jombok.

Memang modus kejahatan via telepon akan mudah menarik korbannya, dengan nada suara yang menyakinkan calon korbannya dengan mengatasnamakan suatu organisasi dan juga publik figur. Pada masyarakat yang awam hanya tahu dalam suara telepon, belum mengecek secara langsung kebenaran informasi yang diterima kepada orang yang mengerti atau bisa diajak ngomong bila mendapat telepon.

Dari kejadian yang ada, masyarakat hendaknya lebih berhati -hati bila mendapat informasi dari telepon. Pastikan dulu kebenaran informasi yang diterima dengan klarifikasi ke pihak – pihak yang terkait, jangan mudah menuruti perintah apabila menyuruh transfer uang atau Pulsa ke nomor penelpon.


Sumber : Polres Trenggalek