Partisipasi Polres Trenggalek dalam Aksi Tanam Pohon Serentak

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Jajaran Kepolisian turut andil dan berpartisipasi dalam gerakan menanam pohon serentak yang dimotori oleh Perum Perhutani KPH Kediri BKPH Dongko RPH Sumberbening dalam rangka memperingati hari menanam pohon Indonesia yang jatih tepat tanggal 28 November 2021. Minggu, (28/11).

Untuk mendukung  kegiatan ini, Polres Trenggalek  yang diwakili oleh jajaran Polsek Dongko menerjunkan sejumlah personelnya.

Kapolsek Dongko AKP Rohadi, S.H. mengatakan, pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan menanam pohon ini. Menurutnya, salah satu upaya yang bisa dilakukan dalam melestarikan alam dan lingkungan adalah dengan menanam pohon.

“Iya benar, hari ini kami bersama dengan jajaran Perhutani melaksanakan gerakan menanam pohon serentak yang digelar di Petak 19G, RPH Sumberbening masuk Desa Pringapus Kecamatan Dongko yang juga merupakan kawasan hutan lindung.” Jelas AKP Rohadi.

Selain dari perhutani, TNI dan Polri, kegiatan ini juga melibatkan pemerintah kecamatan dan desa, LMDH dan masyarakat setempat yang memang berdomisili di sekitar hutan. Sedangkan bibit pohon yang ditanam sejumlah 200 batang yang merupakan tanaman keras produktif seperti alpukat, durian, kayu putih, jabon dan balsa dilahan seluas 43 H.

“Manfaatnya mungkin tidak bisa kita rasakan secara langsung. Tapi dengan penanaman pohon serentak ini adalah aset yang akan kita wariskan kepada anak cucu kita nanti.” Imbuhnya.

Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat menginspirasi sekaligus memotivasi masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian alam. Terlebih wilayah Kabupaten Trenggalek yang didominasi oleh wilayah perbukitan dan hutan yang cukup luas.