Wakapolres Trenggalek: Selamat Hari Santri Nasional, Santri Siaga Jiwa Raga

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Suasana mendung dan sedikit gerimis tak menyurutkan semangat para peserta upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2021 yang digelar di halaman pendopo Manggala Praja Nugraha Kabupaten Trenggalek. Jum`at, (22/10).

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Wakil Bupati Trenggalek Syah M. Natanegara, S.H. Perwira upacara di percayakan kepada AKP Solicin, S.H. yang sehari-hari menjabat sebagai Kasatbinmas Polres Trenggalek. sedangkan Komandan upacara diamanahkan kepada Kasat Samapta AKP Supadi, S.H.

Upacara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur`an, menyanyikan lagi kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta dipimpin oleh inspektur upacara, pembacaan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Dilanjutkan pembacaan Naskah Ikrar Santri Indonesia dan Pembacaan Revolusi Jihad oleh Ketua DPRD kabupaten Trenggalek Samsul Anam.

Wakapolres Trenggalek Kompol Heru Dwi Purnomo, S.I.K., yang kebetulan turut hadir dalam upacara yang tersebut menuturkan sejarah telah mencatat peran para santri dalam proses merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Hal tersebut selaras dengan tema peringatan hari Santri yakni `Santri Siaga Jiwa Raga` yang memiliki makna santri Indonesia selalu siap siaga untuk membela tanah air dan tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran lslam rahmatanlil’alamin serta tradisi luhur bangsa lndonesia.

“Hari ini peran santri lebih kepada membangun negeri dan menjaga dari ancaman ideologi yang dapat merusak persatuan dan kesatuan lndonesia dan terus berkarya untuk Indonesia yang lebih baik.” Ujar Kompol Heru.

Mengingat saat ini masih dalam masa Pandemi Covid-19, Kompol Heru mengajak para Santri untuk selalu menjadi teladan bagi masyarakat luas dengan konsisten menerapkan protokol kesehatan serta mendorong akselerasi vaksinasi agar bisa segera lepas dari cengkeraman virus berbahaya tersebut.

“Selamat Hari Santri kepada seluruh santri dimanapun berada. Santri Siaga Jiwa Raga.” Pungkasnya.

Turut hadir dalam upacara tersebut antara lain, Dandim 0806 Trenggalek yang diwakili oleh Kasdim Mayor Arh Yanuar Sulistyo, S.H., Penjabat Sekda Anik Suwarni, S.H., M.Si., perwakilan dari Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama, Kejari, Kemenag, PCNU dan PD Muhammadiyah, FKUB, DMI serta sejumlah tamu undangan lainnya.