Berikan Semangat, Ipda Iswanto Kunjungi Petugas Piket Asrama IV Covid-19 Trenggalek

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Kanit Sabhara Polsek Watulimo Polres Trenggalek Ipda Iswanto, S.Pd bersama sejumlah Kanit berkesempatan mengunjungi asrama yang digunakan untuk isolasi pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Hotel Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Dirinya menanggapi positif hal tersebut karena isolasi yang dilakukan dalam pantauan Dinas Kesehatan dan Satgas Covid-19 setempat sangat berdampak pada kepatuhan isolasi bagi pasien Covid-19. Rabu (3/3).

“Jadi sebenarnya ini sangat disarankan, dan kami dari Kepolisian bersama petugas gabungan akan selalu menjaga 24 jam dan memantau setiap perkembangan dari asrama IV Covid-19 Trenggalek ini” kata Ipda Iswanto.

Ipda Iswanto menyebutkan, bahwa salah satu isu yang dikhawatirkan oleh masyarakat maupun aparat adalah kepatuhan isolasi mandiri (Isoman). Karena, ketersediaan fasilitas asrama bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di hotel Prigi ini bisa menjadi jawaban atas kekhawatiran yang timbul di masyarakat.

Selain itu, menurut Ipda Iswanto, isolasi yang dilakukan di fasilitas yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek ini akan berdampak positif juga bagi para pasien. Selain karena asupan gizi yang cukup, rutinitas dan perkembangan kesehatan mereka juga terpantau.

“Sebenarnya isolasi yang difasilitasi di asrama seperti ini, programnya terstruktur, nutrisinya kemudian juga rutinitas dan juga perkembangan kesehatan masing-masing juga dipantau,” sebutnya.

“Inilah sebabnya strategi yang dilakukan ini mudah-mudahan bisa meminimalisir penyebaran yang terjadi akibat kelengahan dalam pelaksanaan isolasi mandiri,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suraji, S.H., M.H menambahkan bahwa pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak lagi memberikan stigma negatif bagi para penyintas Covid-19. Karena Ia berpendapat, Covid-19 bukanlah aib dan siapapun bisa terpapar tanpa memandang latar belakang seseorang.

“Kita sudah lewat masanya stigma, jangan lagi kita mengasumsikan orang yang kena Covid itu A B C, karena kepada siapapun bisa kena, ya siapapun bisa kena Covid,” imbaunya.

Pada kesempatan itu, Ipda Iswanto menyempatkan dialogis dengan sejumlah relawan maupun tenaga kesehatan serta petugas jaga dari TNI, Polri dan Satpol PP untuk memberikan motivasi dan mengetahui sejauh mana perkembangan pasien yang menjalani isolasi. Disana dirinya mengecek pelaksanaan pelayanan bagi pasien Covid-19, dan ketersediaan fasilitas penunjang lainnya.