Aiptu Marjani Ajak Masyarakat Cegah Gangguan Kamtibmas

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – ” Ayo setelah badanya sehat setelah minum STMJ, mari ngumpul di pos kamling untuk saling menjaga situasi agar tetap kondusif dilingkungan masing-masing. Upayakan agar tidak tidur dulu sebelum melaksanakan pengamanan dilingkungan masing -masing, dengan peran masyarakat kita cegah pelaku kriminal pencurian, ” Kata Aiptu Marjani Personel Polsek Pule Polres Trenggalek yang sedang melaksanakan patroli di toko obat milik Tiyah di ruko pasar Pule.

 

 

Ajakan yang disampaikan Aiptu Marjani personel Polsek Pule Polres Trenggalek adalah upaya masyarakat lebih proaktif terhadap lingkungannya. Bukan polisi tidak mampu dalam menjaga situasi Kamtibmas, tapi Polsek Pule Polres Trenggalek ingin ada reaksi guyub-rukun di masyarakat memberantas maling dan bentuk gangguan kamtibmas lainya.

 

 

Gangguan terhadap keamanan dan kertiban masyarakat (kamtibmas) akhir-akhir ini bersumber dari berbagai permasalahan sosial di dalam kehidupan masyarakat. Fenomena itu bisa dilihat dari berbagai bentuk kejahatan mulai yang bernuansa konvensional, transnasional hingga terorganisir, yang apabila tidak diantisipasi dan ditangani secara baik akan menjadikan gangguan kamtibmas semakin nyata.

 

 

Sehubungan itu, lanjutnya, negara telah mengatur di dalam sistem pengamanan swakarsa dengan melibatkan potensi msyarakat untuk mendukung Polri dalam memelihara kamtibmas, salah satunya membentuk satuan pengamanan (satpam) untuk melakukan tugas-tugas kepolisian yang bersifat preventif di tempat tertentu dengan kewenangan terbatas dan juga Siskamling yang merupakan ujud kepedulian masyarakat terhadap Keamanan.


Sumber : Polres Trenggalek