Ingatkan Warga Dalam Memupuk Jiwa Pancasila dan Nasionalisme

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Keutuhan suatu bangsa dan makin kuatnya negara tidak bisa dimiliki tanpa adanya jiwa nasionalisme yang harus ada pada setiap individu warga negara, dan juga dalam membentengi hal -hal yang dirasa tidak sejalan dengan kepribadian Bangsa Indonesia tanpa menghayati dan mengamalkan substansi yang tersirat dalam Pancasila. Itu yang menjadi sambung dialogis yang dilakukan KSPKT B Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Muntar di Simpang Lima Kasrepan Desa Jombok, Kamis (21/9/2017).

Masyarakat masih belum lupa dengan kejadian sejarah yang melibatkan partai terlarang di Indonesia Partai Komunis Indonesia (PKI), yang melakukan perebutan kekuasaan di bulan september atau G30 S/PKI. Sehingga memunculkan berbagai komentar sampai saat ini, di kalangan para cendekiawan bangsa mengenai kebenaran dalam aksi nyata yang sebenarnya terjadi. Namun itu semua merupakan sejarah bangsa yang tidak lepas dari hal yang harus diketahui generasi penerus bangsa, dalam menjaga eksistensi keberadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Inti dari permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia sekarang adalah perlunya semangat nasionalisme yang dilahirkan dari semangat Pancasila butir ke 3, dalam bunyinya Persatuan Indonesia. Melihat keberadaan bangsa Indonesia dengan iklim majemuk beragama, majemuk bahasa dan majemuk budaya. Akan membuat suatu kelemahan yang hebat bila tidak dipupuk dengan jiwa persatuan, yang akan menjadikan musuh yang tidak menginginkan utuhnya NKRI seperti sekarang ini.

Permasalahan yang berkembang yang getol diisukan orang yang tidak bertanggung jawab, sekarang ini disisipkan pada isu agama yang menjadi senjata ampuh dalam menghancurkan eksistensi NKRI. Dengan telah memunculkanya teroris yang telah beberapa kali melakukan aksinya, dan melukai adanya korban dari warga maupun pihak keamanan. Semua merupakan ancaman yang mengatasnamakan agama, akan tetapi disatu sisi adanya ajaran agama yang melarang kegiatan memusuhi agama atau kepercayaan lainya di Indonesia.

” Nanti malam akan dilaksanakan pemutaran film G30S/PKI bertempat di Koramil 0806/10 Pule, menyampaikan pemberitahuan dari pihak Koramil. Monggo bagi warga yang ingin menonton bisa bersama -sama dengan anggota Personel Polsek Pule Polres Trenggalek, dengan menonton film diharapkan mampu memupuk jiwa nasionalisme yang bertujuan menghadapi gangguan keamanan di NKRI, ” penyampaian Aiptu Muhtar KSPK Polsek Pule Polres Trenggalek  kepada warga yang terlibat dialogis di Simpang Lima Kasrepan.


Sumber : Polres Trenggalek