Tak Mau Berpangku Tangan, Kapolres Trenggalek Turun Tangan Bagikan Air Bersih Kepada Warga Desa Pandean

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Masih terkait dengan kekeringan yang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Trenggalek, Kapolres Trenggalek bersama pejabat utama dan pengurus Cabang Bhayangkari Trenggalek hari ini menggelar aksi sosial bagi-bagi air bersih di RT 1 RW 1 Desa Pandean Kecamatan Dongko, Selasa (19/09).

Kedatangan Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si. beserta rombongan tersebut merupakan respon cepat atas kesulitan warga untuk mendapatkan air bersih. Kecamatan Dongko memang merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Trenggalek yang rentan krisis air bersih khususnya pada musim kemarau panjang.  Sumur warga dan sumber air yang tersedia benar-benar kering sehingga masyarakat harus berburu air hingga ke desa tetangga dengan jarak cukup jauh.

Polres Trenggalek beserta Polsek jajaran sejak jauh hari telah berupaya sekuat tenaga membantu terkait kesulitan air bersih. Dengan menggunakan peralatan seadanya ditambah sedikit kreativitas, para petugas ini keliling desa membagikan air bersih. Seperti halnya Polsek Dongko yang memodifikasi mobil patrolinya menjadi kendaraan tangki air yang diberi nama “Patroli Gentong” dan mampu membawa sedikitnya 1.800 liter air.

“Polsek jajaran sudah saya perintahkan membantu masalah krisis air ini dan sudah berjalan. Sehari bisa 2 sampai 3 kali pengiriman dengan wilayah yang berbeda” jelas AKBP Donny.

AKBP Donny menilai bahwa dengan turun di tengah masyarakat, ia bisa mengetahui secara langsung tentang kondisi dan apa saja keluhan masyarakat terkait dengan kekeringan yang melanda Desa Pandean dan sekitarnya. Ia pun menyempatkan diri berbincang dengan beberapa warga yang memang sudah menunggu kedatangan bantuan air tersebut.

“Warga di sini mengalami kesulitan air hampir tiap tahun. Semoga bantuan ini bisa sedikit meringankan mereka” ujar AKBP Donny.

Bersama dengan Ketua Cabang Bhayangkari Trenggalek, AKBP Donny tak segan berbaur dengan masyarakat dan berbasah-basah sembari mengarahkan selang dari tangki “Patroli Gentong” ke jurigen maupun wadah air yang sudah disiapkan warga.

Tak ketinggalan warga yang menerima bantuan air bersih pun mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kepolisian Trenggalek atas upayanya membantu meringankan beban warga.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur atas bantuan air ini. Matur nuwun (terima kasih) pak Kapolres” ujar salah satu warga.


Sumber : Polres Trenggalek