Kapolres Trenggalek Pantau Langsung Penanganan Karhutla Di Nglinggis Tugu

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Kebakaran lahan terjadi di dusun Pacar desa Nglinggis Kecamatan Tugu Trenggalek siang tadi. Lokasi kebakaran itu sendiri sangat berdekatan dengan proyek nasional pembangunan bendungan Tugu. Sedikitnya 3 hektar lahan kering ditanah pemajekan milik masyarakat terpantau terbakar dan terlihat dari kejauhan. Kamis (14/09).

Berdasarkan keterangan beberapa warga, titik api terlihat sejak pukul 11.30 Wib yang ditandai dengan asap tebal yang membumbung tinggi kemudian meluas dan membakar lahan disekitarnya. Kondisi lahan memang kering akibat musim kemarau yang berkepanjangan dan banyak ditumbuhi ilalang dan pepohonan.

Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si meninjau langsung proses pemadaman api. Petugas dari TNI, Polri, BPBD dan Perhutani harus berjibaku memadamkan api dengan peralatan seadanya.  Sebuah mobil pemadam kebakaranpun dikerahkan untuk membantu di lokasi. Api baru bisa benar-benar dipadamkan pukul 16.15 Wib.

Dikonfirmasi dilokasi, Kapolres Trenggalek menegaskan, dalam menangani Karhutla atau kebakaran hutan dan lahan, pihaknya telah menyiapkan satu peleton khusus dari Satsabhara yang tergabung dalam Satgas bencana. Tugas utamanya adalah membantu instansi terkait dalam penanganan bencana termasuk kebakaran hutan dan lahan.

Disisi yang lain, AKBP Donny mengapresiasi respon cepat dari semua stake holder sehingga kebakaran hutan bisa segera tertangani dan tidak meluas kemana-mana.

“Alhamdulillah berkat kesigapan semua pihak, api bisa dipadamkan. Apalagi ini berdekatan dengan proyek nasional.” Pungkasnya


Sumber : Polres Trenggalek