Dalam Ciptakan Wilayah Pule Yang Aman Polsek Pule Rangkul Perguruan Pencak Silat

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Kejadian benturan fisik antar perguruan pencak silat sering terjadi bila tidak adanya kerukunan dan tempat untuk bersilaturahmi dalam mempererat hubungan, maka dari hal itu dilakukanya pertemuan yang melibatkan beberapa elemen perguruan yang ada di wilayah Pule. Kegiatan yang dilaksanakan di Mako Polsek Pule Polres Trenggalek yang dilaksanakan di ruangan Kapolsek Pule Iptu Suraji, SH, MH pada Kamis (7/9/2017).

Pertemuan yang di buka oleh Kapolsek Pule pukul 10.00 , hadir dalam giat tersebut Pj Camat Pule  Subroto, Danramil Pule di wakili Serka Edi. Selain dari unsur Muspika dan yang mewakilinya, Sunoto alias Dobos dari perguruan SH Terate, Purwanto perguruan  IKS, Edi Mulyono perguruan PN, Eko Mahmudianto  perguruan  Porsigal, Yatmi perguruan  Tapak Suci, Basori perguruan  Tunas Putih dan  beberapa anggota Polsek Pule Polres Trenggalek.

“Kegiatan hari ini merupakan acara silaturrahmi  dalam rangka untuk mempererat silaturahim, sesuai dengan MOU apabila perguruan yang melanggar hukum sanggup dituntut sesuai hukum yang berlaku untuk itu pada kesempatan ini marilah kita gunakan kesempatan ini untuk membahas setiap ada permasalahan. Masalah bangunan  tugu perguruan yang mana kalau ijin kalau tempatnya di tanah hak milik  maka ijinnya kepada pemilik tanah, mendirikan bangunan seyogjanya di padepokan  atau tempat khusus kalau di sembarang tempat seperti reklame, ” Kata Kapolsek Pule Iptu Suraji mengawali pembicaraanya.

Bermunculannya banyak tugu dari salah satu perguruan akan banyak potensi permasalahan, dengan adanya lambang dari perguruan akan menandakan wilayah kekuasaan sehingga muncul rasa ego dan memicu permasalahan.

Membagun tugu di tanah orang tanpa ijin ada sangsi pidananya, marilah kita saling bersinergi, apabila ada informasi lewat media harus di saring dulu karena setiap ada perbuatan, pertanggung jawabannya sama siapa yang berbuat bukan perguruan.

Mengapresiasi yang telah dilakukan Kapolsek Pule Polres Trenggalek dalam rangka menyikapi situasi dan kondisi sekarang ini, dengan keberadaan perguruan silat merupakan aset kita marilah kita saling menjaga dan mempertahankan. koordinasi kerjasama dan sinergi sehingga tidak ada permasalahan, timbulnya sedikit permasalahan segera di selesaikan sehingga tidak menjadi besar. Apabila ada adu domba harus benar – benar di pahami sehingga kita tidak dirugikan. Perguruan silat yang mau mendirikan bangunan tugu perguruan sudah ada aturannya, dalam rangka untuk  mengantisipasi kedepannya sehingga tidak menimbulkan permasalahan nanti.


Sumber : Polres Trenggalek