Musyawarah Desa Kembangan Libatkan Unsur Bhabinkamtibmas

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – “Musyawarah desa ini merupakan agenda  yang harus di laksanakan , dalam menentukan pembangunan Desa yang sebelumnya sudah dilaksanakan musyawarah tingkat dusun dalam wilayah desa, ” Kata Bhabinkamtibmas Desa Kembangan Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Joko Nurhadi meneruskan perkataan Kades Kembangan Suwito, Spd.

Kegiatan Musyawarah Desa Kembangan yang dilakukan di balai Desa Kembangan, Selasa (5/9/2017). Mengundang beberapa lapisan desa dari tokoh lingkungan Rt, Ketua BPD, Ketua LPM, Pendamping dan PKK juga turut hadir dalam kegiatan. Jumlah anggota undangan yang hadir dalam kegiatan sekitar 60 orang, yang kesemuanya mengikuti kegiatan yang di buka pada pukul 09.30.

“Selamat melaksanakan musdes mudah- mudahan apa yang nantinya menjadi keputusan dalam rapat ini, akan membawa Desa Kembangan akan lebih maju di tahun 2018. Musyawarah semoga mencapai mupakat yang terbaik dalam membangun desa, mudah -mudahan akan lebih baik dari tahun 2017. Dimana perioritas pembangunan oleh pemerintah dari pinggiran,” Aiptu Joko Nurhadi meneruskan penyampaian dalam sambutan.

Tentang Dana Desa(DD) dan Alokasi Dana Desa(ADD) yang sudah ada  aturan hukumnya. Yang nantinya apabila kita salah dalam mengelola anggaran tersebut maka ada sangsi hukumnya dan jangan berpikir diluar ketentuan.Berdasarkan ketentuan musdes seharusnya bulan Juli harus sudah dilaksanakan.

“Agar desa  memikirkan setelah program ini di hentikan oleh pemerintah, Kapolri memerintahkan tiga pilar betul – betul melakukan pengawasan jalannya pelaksanaan program ini agar di sampaikan  dan jangan dibiarkan bila adanya penyimpangan yang ada, ” Aiptu Joki Nurhadi menambahkan.

Bentuk musyawarah dalam pembanguanan sudah ditentukan namun kadang kita meremehkan adminitrasi, agar berhati hati karena kalau hanya copy paste kedapannya akan patal. Desa ada tiga pilar bahwa di Koramil ada upsus, upaya khusus dalam ketahanan pangan.

“Melalui pemerintah Desa Kembangan minta maaf yang seharusnya kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Juli, namun baru bisa dilaksanakan hari ini karena terbentur kegiatan bulan Agustus. Menyampaikan pembanguanan Desa Kembangan tahun  2017 telah dilaksanakan diantaranya rabat jalan Rt.01,  rabat Rt. 07, rabat jalan Dusun  Mojo belum mulai insya allah bulan ini cukup  yang sekarang ini masih menumpuk material,” Aiptu Joko menuturkan sambutan dari Kades Kembangan.

Tembok penahan bangunan di belakang balai Desa Kembangan, merupakan kegiatan yang akan dicapai dalam program pembangunan Desa Kembangan.

“Musyawarah perencanaan Desa Kembangan  th 2018 yang mendapatkan hasil dalam empat bidang diantaranya bidang pemeliharaan, pembangunan desa,  pembinàan dan penberdayàan masyarakat.Dalam musyawarah terdapat kesepakatan untuk memperioritaskan pelaksanaan bidang pembangunan dari ADD yang di peruntukan untuk pengadaan pembangunan kantor Desa Kembangan,” Penuturan Aiptu Joko Bhabinkamtibmas Desa Kembangan Polsek Pule Polres Trenggalek meneruskan sambutan Kades.

Sedangkan Dana Desa diperiotitaskan peruntukkannya untuk tembok penahan jalan dan rabat jalan. apa yang dilaksanakan pada hari ini sudah sesuai dengan aturan  yang mana BPD sudah berperan aktif dalam kegiatan musdes hari ini. Dengan peran unsur pemerintah dan pemerintahan desa dalam rangka menentukan pembanguanan desa Kembangan kedepannya


Sumber : Polres Trenggalek