Jelang Bebas, Tahanan Lapas Trenggalek Mendapat Pembinaan dan Pembekalan Satbinmas Polres Trenggalek

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Satbinmas Polres Trenggalek yang terdiri dari Kanit Binkamsa Ipda Rudi Sugiarto, S.H., beserta anggota Satbinmas Polres Trenggalek Aiptu Priyo Prayitno dan  Bripka Andri Subagyo memberikan penyuluhan kepada para tahanan dari berbagai kasus kejahatan yang akan bebas pada bulan September 2017 di Lapas kelas IIB Trenggalek. Kamis, (31/8).

“Pembinaan dan penyuluhan Kamtibmas kepada para nara pidana yang akan keluar bulan September tahun 2017 ini bertujuan untuk mencegah terulangnya kasus kriminal”, kata Kanit Binkamsa  Polres Trenggalek Ipda Rudu Sugiarto saat di kofirmasi.

Ia menjelaskan, dukungan  pihaknya dalam hal pembinaan terhadap para Napi, agar mereka nantinya tidak mengulangi tindakan kriminal yang sebelumnya mereka lakukan.

“Penyuluhan yang kami berikan ini dalam hal psikologi dan memberikan saran – saran positif agar mereka  tidak mengulangi perbuatan kriminal lagi”, tambahnya.

Menurut Ipda Rudi pendekatan persuasif dan penyuluhan ini sangat penting dilakukan karena dari analisa dan evaluasi bahwa sebagian penyumbang dari pada tindak pidana yang masuk ke Lapas kelas IIB Trenggalek yaitu oleh orang yang sudah pernah melakukan tindak pidana sebelumnya.

Kasat Binmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H.,M.Hum saat di konfirmasi di ruang kerjanya menjelaskan bahwa kegiatan pembinaan dan penyuluhan Satbinmas Polres Trenggalek kepada para Napi yang akan keluar atau masa habis penahanannya, merupakan kegiatan rutin setiap bulannya. Jadi setiap bulan anggotanya akan mendata nama – nama para Napi yang akan keluar pada bulan itu serta dilakukan pembinaan dan penyuluhan dan program ini dilakukan secara berkesinambungan.

“Setelah mereka keluar daru Lapas,ada peran selanjutnya yakni kami melalui Bhabinkamtibmas, dalam hal mengawasi dan memberikan penyuluhan dan pengetahuan tentang hukum agar mereka tidak lagi melakukan kejahatan”, katanya. (dev).

 


Sumber : Polres Trenggalek