Kapolsek Pule Hadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Orang Asing di Tingkat Kecamatan dan Kabupaten Trenggalek

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Kegiatan pembentukan tim pengawasan orang asing (Tim Pora) Kecamatan dan Kabupaten oleh Dinas Imigrasi kelas III Ponorogo bertempat di Hotel Bukit Jaaz Permai Trenggalek, Kapolsek Pule Iptu Suraji, SH, MH hadir  bersama Muspika, Selasa (29/8/2017).

Kegiatan pengawasan orang asing sebagai SOP penugasan secara khusus memang menjadi kendali unit Kresna ini, yang sekarang bersamaan dengan perkembangan zaman banyaknya orang asing yang keluar masuk di Indonesia yang perlu pengawasan secara intesif antara stake holder yang berkompeten didalamnya.

Keberadaan orang atau Warga Negara Asing yang melakukan beragam kegiatan di wilayah hukum Indonesia perlu mendapat perhatian semua pihak. Oleh karena itu, koordinasi antar instansi terkait dalam rangka menyamakan persepsi  dalam hal pengawasan kegiatan orang asing di daerah sesuai dengan bidang tugas masing-masing mutlak dilakukan.

“Keberadaan orang asing ketentuannya harus melapor ke Dinas imigrasi, namun apabila keberadaannya di desa siapa yang berkewajiban lapor ?,  menyikapi hal ini tugas kita proaktip, mengedepankan fungsi Bhabinkamtibmas dan Intelkam. Tanyakan keberadaannya di wilayah kita ini sudah sesuai dengan ketentuan apa tidak, apa juga dilengkapi dokumen (paspor) dan tujuannya tinggal dalam rangka kerja, apa kunjungan sehingga keberadaan orang asing ini tidak menimbulkan hal hal yang tidak diinginkan, ” ujar Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji disampaikan saat apel pagi.

Dilihat dari posisi yang sangat strategis sebagai tujuan maupun transit lalu lintas orang asing dan barang maka sangat potensial diboncengi oleh kepentingan lain secara ilegal dan tidak bertanggung jawab, misalnya perdagangan manusia (human trafficking), penyelundupan manusia, lalu lintas barang terlarang (narkoba, psikotropika) serta kepentingan bernuansa politik, ekonomi, sosial budaya yang dapat mengancam stabilitas negara dan daerah.


Sumber : Polres Trenggalek