Wakili Kapolsek Hadiri Malam Tirakatan Dalam Rangka Bersih Desa

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek  – Bhabinkamtibmas Polsek Bendungan Aiptu Sukardi yang membina wilayah Desa Dompyong Kecamatan Bendungan mewakili Kapolsek Bendungan menghadiri malam Tirakatan di Balai Desa Dompyong dalam rangka Bersih Desa.

Minggu (13/08/2017) Malam tirakatan memang menjadi potensi budaya lokal yang perlu dilestarikan semua kalangan. Sebab Malam Tirakatan menjadi malam yang penuh makna sebelum menyambut giat bersih Desa yang di laksanakan di setiap Desa Kecamatan Bendungan yang di rayakan tiap tahun.

Aiptu Sukardi mengatakan, seluruh warga di Kecamatan Bendungan kususnya Desa Dompyong Kecamatan Bendungan selalu menggelar Malam Tirakatan di Balai Desa dengan menyiapkan susunan acara dan ditutup doa.

“Malam tirakatan biasanya dimulai pukul 19.00 WIB atau setelah salat Isya. Warga berkumpul, mungkin dengan lesehan maupun memakai kursi. Didalam acara digelar sambutan, doa dan diakhiri memotong tumpeng,” jelas Aipatu Sukardi.

Selain itu, lanjut dia, warga melaksanakan tradisi ada yang menggelar Malam Tirakatan dengan acara pengajian, membaca tahlil, manaqiban dan albarjanzi. Tak hanya di sini saja, di tempat lain malam tirakatan  juga menjadi tradisi tahunan warga setempat dan ini harus diberikan apresiasi.


Sumber : Polres Trenggalek