Gencarkan Himbauan Agar Masyarakat Tidak Menjadi Korban

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Seiring dengan kemajuan alat telekomunikasi, penipuan via SMS marak terjadi pada akhir akhir ini penipuan on line yang berkedok kuis lewat short message servis (SMS) dengan iming-iming hadiah mobil ataupun uang dengan modus pelaku meminta pelanggan untuk mentransfer uang sebagai pajak atas hadiah fiktif.

Kapolsek Dongko AKP Tri Basuki,S.H melalui P.S Kasi Humas Aipda Endro Tri Wahyono menjelaskan akhir-akhir ini ada cara pelaku menjarah pulsa korban dengan menyamar menjadi ibu, ayah korban atau suami istri mereka yang sedang membutuhkan pulsa dan meminta korban untuk mengisi pulsa ke nomor pengirim.

“Cara ini dikenal dengan SMS mama-papa minta pulsa, hal seperti ini tidak hanya terjadi di daerah-daerah lain, di Kota Trenggalek juga terjadi hal yang sama” ucap Aipda Endro.

Demi menjaga terjadinya hal tersebut pada Rabu  (09/08) dihadapan sejumlah masyarakat yang berada Anjungan Tunai Mandiri (ATM)  BRI Kecamatan Dongko, petugas  menghimbau supaya tidak percaya segala rayuan yang dikirim orang tidak dikenal karena jika ditanggapi, meski lewat SMS bisa terjadi sesuatu hal yang dapat merugikan masyarakat.

“Jika mendapatkan SMS yang tidak jelas lebih baik tidak dijawab atau mengabaikannya, termasuk SMS dapat hadiah yang tidak jelas, itu hanya kebohongan dan  itu hanya trik penipuan” tandas Endro.

Aipda Endro menambahkan Polsek Dongko menggencarkan himbauan agar masyarakat tidak menjadi korban dan apabila  terjadi penipuan lewat SMS, harap segera melaporkan ke Polsek Dongko untuk diproses secara hukum dan jika dapat kami ketemukan pasti pelaku akan dikenakan pasal tentang penipuan, pungkasnya.

#KamiHumasPolri
#Humas Sek Dongko


Sumber : Polres Trenggalek