Wujud Syukur, Nelayan Pantai Karanggongso Lestarikan Budaya Bersih Dusun dan Labuh Laut

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Masyarakat nelayan disekitar dusun Karanggongso desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek Sabtu (29/7/2017) menggelar kegiatan tahunan bersih dusun dan labuh laut larung sembonyo yang merupakan sebuah kegiatan rutin mereka lakukan tiap tahun pada bulan Selo pada penanggalan Jawa. 

Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Saiful Rohkman, S.H yang hadir bersama Muspika Watulimo dan sejumlah personilnya mengatakan bahwa kegiatan ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan tahunan bersih dusun dan labuh laut larung sembonyo kali ini jauh lebih meriah.

“Warga masyarakat khusunya dusun Karanggongso, desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, melakukan arak-arakan untuk menuju ke pinggir laut tempat kegiatan ritual larung sembonyo hingga akhirnya dilarung ke tengah laut, selain itu masyarakat dusun Karanggongso juga menggelar hiburan seperti jaranan dan wayang kulit semalam suntuk untuk memeriahkan kegiatan tersebut” ujar AKP Saiful.

mo

Tidak hanya warga sekitar, banyak warga yang datang dari luar desa turut hadir demi untuk menyaksikan prosesi kegiatan bersih dusun dan larung sembonyo dusun Karanggongso yang menjadi agenda tahunan.

“Kegiatan bersih dusun dan larung sembonyo ini adalah merupakan bentuk syukur nelayan pada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkahnya diberi dusun yang bisa menjadi pemukiman sekaligus tempat untuk mencari kehidupan” tambahnya.

Sampai berita ini ditulis, kegiatan hiburan berupa pertunjukan seni tari masih berlangsung dan secara keseluruhan selama prosesi acara sampai berakhirnya kegiatan labuh laut dalam keadaan aman, lancar dan kondusif.


Sumber : Polres Trenggalek