Kapolsek Pule Hadiri Musyawarah Masyarakat Desa dan Rakor Dalam rangka Peningkatan Desa Siaga Aktif

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Di balai Desa Karanganyar dilakukanya Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) dilanjutkan rapat koordinasi dalam rangka peningkatan desa siaga aktif yang menghadirkan unsur Muspika dan Tiga pilar Desa Karanganyar Dalam membahas masalah kesehatan dilingkungan, Kamis (20/7). Dengan program sosialisasi yang digagas dari Puskesmas Pule untuk warga desa Karanganyar.

Hadir dalam Kegiatan yang dilaksanakan Dr Bambang Kepala Puskesmas Pule, dalam penyampaian masalah siaga aktip kesehatan di wilayah Pule. Dalam mempersiapkan warga dalam menuju masyarakat yang sehat, dengan menggalakan sanitasi lingkungan.

Penyampaian dari dr. Bambang dalam mengupayakan Water Closed yang sehat meliputi beberapa hal harus diperhatikan.  Wc tidak cemplung harus tertutup Dan dalam pembuatan jauhkan dari sumur, sehingga resapan airnya tidak mengotori sumber mata air yang ada.  Untuk menjaga kebersihan, bagi yang punya ternak selokan air yang mengenang agar segera dibersihkan. Semua usaha tersebut merupakan tindakan prefentif, sehingga tidak menjadi sarang nyamuk. Dan terbebas dari penyakit yang disebabkan oleh hewan dalam genangan air kotor.

Pesan terakhir yang disampaikan cenderung terarah pada perokok, diingatkan bagi Perokok  agar tidak merokok di dalam rumah karena akan berakibat perokok pasif bagi keluarga karena menghisap asap rokok.

Karanganyar ke depan akan dijadikan desa Siaga aktip, bebas dari polusi untuk menjamin kesehatan. Desa Karanganyar yang tercatat  pernah meraih berbagai perlombaan, Dalam kategori peduli lomba kesehatan meraih juara dan lomba kampung aman yang di adakan dari Kabupaten Trenggalek. Penggalakan posyandu juga menjadi titik sasaran dengan menempatkan 4 titik kegiatan di masing masing Dusun Ponggok 2 dan 2 di Dusun Krajan.

Dalam sambutanya, Kapolsek Pule menyampaikan tentang Undang -Undang Kesehatan  no 36/2009 dan Permentan no 31/2014 tentang pedoman budidaya ayam daging dan petelur.

“Sehingga apabila mengikuti peraturan ini tidak berdampak pada lingkungan dan hidup sehat tercapai,Polsek mendukung giat ini dalam memenuhi hak serta kewajiban masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan,” Terang Kapolsek Pule Polres Trenggalek saat memberikan sambutan.

Setiap orang berkewajiban berperilaku hidup  sehat untuk mewujudkan, mempertahankan, dan memajukan kesehatan yang setinggi-tingginya. Itu merupakan bagian dari yuridis hukum dalam perlunya kesehatan yang diharapkan, masalah kesehatan bukan saja menjadi tanggung jawab pihak medis. Akan tetapi merupakan kewajiban setiap orang dalam melawan datangnya bahaya penyakit, dengan membiasakan hidup sehat.


Sumber : Polres Trenggalek