Supervisi Ditbinmas Polda Jatim di Polres Trenggalek : Jadilah Polisi yang Siap Pakai

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Salah satu langkah agar sebuah organisasi bisa berjalan optimal adalah dengan melaksanakan evaluasi atas pelaksanaan rencana kegiatan. Langkah ini mutlak di perlukan guna mengetahui prosentase capaian tujuan serta memberikan solusi atas kelemahan dan hambatan atau kendala yang dihadapi.

Dilingkungan Kepolisian, dikenal metode evaluasi atau yang kerap disebut dengan Anev (analisa dan evaluasi. Salah satunya adalah dengan menjalankan fungsi supervisi oleh satuan atas kepada satuan dibawahnya. Selain evaluasi, tujuan lainnya adalah memberi masukan-masukan terkait dengan pola kerja agar terjadi keselarasan antara hasil yang diperoleh dengan visi misi organisasi secara vertikal.

Itu sebabnya, Ditbinmas Polda Jatim menggelar kegiatan supervisi ke Polres Trenggalek yang dihadiri oleh seluruh Kanit Binmas beserta 230 Bhabinkamtibmas gabungan Trenggalek dan Tulungagung. Acara supervisi sendiri dilaksanakan di Hall Hotel Jaas Permai Trenggalek. Rabu (19/07).

Hadir dalam kesempatan tersebut AKBP Dr. Dodi Eko Wijayanto, SH. M.Hum selaku ketua tim, Kompol Warjito, Kompol Yulik didampingi pejabat utama Polres Trenggalek.

Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si. dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas berkenannya Tim Ditbinmas Polda Jatim untuk melaksanakan supervisi dan silaturahmi dengan jajaran Satbinmas Polres Trenggalek.

Lebih lanjut AKBP Donny menegaskan, fungsi Binmas merupakan garda terdepan dalam hal pelayanan masyarakat. Para Bhabinkamtibmas bersentuhan langsung dengan masyarakat dan menyelesaikan tiap masalah yang terjadi di desa.

“Bhabinkamtibmas dibantu unsur 3 pilar harus mampu menjadi solutor bagi masyarakat. waktu lebih banyak berada didesa. Kenali karakter lingkungan dan jalin komunikasi yang erat dengan tokoh masyarakat berpengaruh.”ujar Kapolres murah senyum ini

AKBP Donny berharap, dengan supervisi ini akan membawa perubahan kerja ke arah yang lebih positif sehingga masyarakat bisa melihat dan merasakan langsung apa yang telah dilakukan Polri sebagai representasi kehadiran negara.

Sementara itu,  AKBP Dr. Dodi eko wijayanto, SH. M.Hum menyampaikan apresiasi atas peran serta Polres Trenggalek dalam peringatan hari Bhayangkara yang lalu khususnya lagi Jatim Patuh yang menjadi kebanggan Polda Jatim. Terkait tugas Satuan Binmas, AKBP Dodi berpesan agar setiap anggota dalam menjalan tugasnya tidak menunjukkan power atau kekuasaan karena bisa menjadi bumerang bagi institusi.

“Tetap low profil, kedepankan aspek humanity” Tuturnya

Penekanan lainnya adalah Bhabinkamtibmas berkewajiban melaksanakan DDS atau door to door system, problem solving dan membuat terobosan kreatif agar dapat meningkatkan partisipasi publik dalam menjaga keamanan lingkungan.

“Bhabinkamtibmas itu polisi yang multitalent, semua harus bisa. Jadilah polisi yang siap pakai. Polisi yang benar-benar memberikan rasa nyaman dan aman.” Pungkas AKBP Dodi


Sumber : Polres Trenggalek