Komitmen Kuat Jajaran Satlantas Polres Trenggalek Selamatkan Masa Depan Pelajar

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Pengenalan lingkungan sekolah atau PLS (dulu disebut MOS) bagi siswa baru di sekolah-sekolah dimanfaatkan oleh jajaran Satlantas Polres Trenggalek untuk memberikan penyuluhan dan pembinaan tentang tertib berlalu lintas. Dalam sehari ini, unit Dikyasa Satlantas Polres Trenggalek menyambangi sedikitnya 3 sekolah sekaligus yakni SMPN 3 Trenggalek, SMP Islam Permata Umat dan SMK Gajah Mada. Rabu (19/07).

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Trenggalek Iptu Agustyo menuturkan, pihaknya sengaja mengambil momen PLS, karena pada saat itu hampir semua siswa dipastikan masuk sekolah. Di sisi yang lain PLS merupakan masa transisi dari masa anak-anak menuju remaja dengan jenjang pendidikan yang berbeda.

“Secara psikologis ada perubahan yang mendasar. Jenjang pendidikan yang baru, teman baru dan lingkungan sekolah baru. Nah pada kondisi ini kita mencoba masuk agar para siswa baru ini tidak mudah terpengaruh pada hal-hal negatif khususnya terkait berlalu lintas.” Jelas

Materi yang diberikan pun tak jauh berbeda dengan sosialisasi sebelumnya. Berkisar tentang rambu lalu lintas, marka jalan dan safety riding. Bedanya adalah  kali ini siswa bisa melihat langsung sekaligus praktek tentang safety riding.

Meminjam lapangan sekolah, sebuah sepeda motor disiapkan lengkap dengan helmnya. Nah salah satu petugas berperan sebagai pengendara motor. Disitu ditunjukkan bagaimana bersikap yang benar. Penggunaan helm harus sampai klik, lampu utama harus nyala serta pengetahuan dasar berlalu lintas yang berkeselamatan.

“Bagi yang belum cukup umur apalagi tidak punya SIM jangan sekali-kali naik motor. Ke sekolah minta antar bapak atau ibu. Kalau sibuk ya minta tolong pakde, budhe, paklik, bulik, om, tante. Kalau gak ada, ya wes mlakuae malah sehat.” Ujar Iptu Agustyo yang disambut tawa para pelajar.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K., saat di konfirmasi tim redaksi menuturkan, sejak jauh hari pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas pendidikan dan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Trenggalek agar diberikan waktu untuk memberikan tambahan wawasan tentang keselamatan berlalu lintas. Hal ini tak lepas dari pencanangan tahun 2017-2018 sebagai tahun keselamatan untuk kemanusiaan.

“Kita berupaya keras mengurangi angka kecelakaan lalu lintas khususnya yang melibatkan anak-anak dan pelajar sebagai korban. Gerakan Trenggalek bebas pelanggaran lalu lintas terus kita kampanyekan demi masa depan dan Trenggalek yang lebih baik. Ini komitmen kita” Pungkas AKP Ricky.


Sumber : Polres Trenggalek