Satbinmas Polres Trenggalek Terjun Langsung di Kegiatan MPLS

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Momen masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) atau yang dikenal dengan istilah masa orientasi siswa (MOS) tahun angkatan 2017/2018 dimanfaatakan oleh Satbinmas Polres Trenggalek sebagai aksi untuk terus menyuarakan pesan – pesan anti narkoba, kenakalan remaja serta tertib berlalu lintas di jalan raya.

Hari ini Satbinmas Polres Trenggalek terjadwal memberikan penyuluhan bahaya narkoba, kenakalan remaja serta tertib berlalu lintas kepada siswa baru di SMK Kesehatan Wijaya Husada Trenggalek dan SMKN I Trenggalek dalam masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS)  yang di ikuti puluhan siswa dari masing – masing sekolah. Selasa, (18/7).

Kasat Binmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H.,M.Hum., mengatakan di tahun ajaran baru ini tentunya ada kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah dan dalam kegiatan itu Satbinmas Polres Trenggalek dihubungi oleh beberapa sekolah untuk mengisi materi dalam kegiatan MPLS di SMP/MTs maupun SMA/SMK yang dikemas dalam bentuk pembinaan dan penyuluhan.

Lebih lanjut perwira kelahiran kota Probolinggo ini mengatakan bahwa pihaknya menerjunkan anggotanya untuk mengisi kegiatan pembinaan dan penyuluhan kepada para siswa baru dalam masa pengenalan lingkungan sekolah sebagai wujud kepedulian dari Kepolisian untuk mensukseskan tahun ajaran baru sekolah. Lebih dari itu untuk  mengantisipasi generasi muda terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba serta memberikan sosialisasi tentang tertib berlalu lintas kepada pelajar guna memberikan wawasan tentang keselamatan berlalu lintas dan menanamkan jiwa pelopor tertib berlalu lintas di lingkungan pelajar.

“Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) merupakan awal yang baik bagi para siswa untuk diperlengkapi dengan informasi yang benar, diawal memasuki hidup baru dan peranan baru”, ujarnya

 “Melalui sosialisasi ini diharapakan para pelajar mampu menghindari perilaku yang negatif seperti minuman keras, mengkonsumsi obat terlarang serta kesadaran akan tertib berlalu lintas dikalangan pelajar akan tercipta. Mereka akan tertib di jalan sehingga angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dapat di tekan”,  imbuhnya

Kasat Binmas juga berharap kegiatan penyuluhan seperti ini perlu dilaksanakan secara berjenjang dan ditingkatkan sehingga para remaja bisa lebih memahami tentang bahaya narkoba, kenakalan remaja serta materi yang disampaikan dalam bentuk kegiatan pembinaan dan penyuluhan.

Sementara salah satu pihak sekolah melalui Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) bidang kesiswaan SMK Kesehatan Wijaya Husada Trenggalek, Erna Rohayati mengatakan bahwa dalam penyelenggaraan kegiatan dalam rangka masa pengenalan lingkungan sekolah sengaja mendatangkan dari SatBinmas Polres Trenggalek untuk mengisi kegiatan yang bermanfaat bagi siswa.

Oleh Karena itu, pihaknya mengundang dan memang sudah memberitahukan sebelumnya untuk mengisi materi dalam kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah  yang diharapkan dengan kegiatan ini siswa mendapatkan tambahan ilmu dan mengarah ke kegiatan yang positif.

“Kami sebagai guru SMK Kesehatan Wijaya Husada mengucapkan banyak terimakasih kepada Binmas Polres Trenggalek yang telah memberikan bimbingan kepada para siswa, mudah – mudahan kegiatan ini bermanfaat sehingga pelajar tidak melakukan kegiatan yang melanggar hukum”, ujarnya. (dev).


Sumber : Polres Trenggalek