Bhabinkamtibmas Jombok Perankan Kepedulian Pada Kegiatan Lansia

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Senin (17/7), bertempat di balai Desa Jombok telah dilaksanakanya kegiatan cek kesehatan oleh bidan desa Jombok yang diperuntukan bagi warga yang sudah lanjut usia (lansia). Dalam kegiatan yang dilaksanakan mengundang Bhabinkamtibmas Desa Jombok Polsek Pule Polres Trenggalek, Bripka Sarwanto untuk memberikan kelancaran dan pengamanan selama kegiatan berjalan.

“Dalam kegiatan pengecekan kesehatan yang diikuti lebih dari sekitar 57 warga lansia Jombok, merupakan kegiatan rutin dari Puskesmas Pule melalui bidan Desa Jombok dalam pelaksanaan pelayanan yang mendukung program kesehatan masyarakat. Kita dukung sepenuhnya, ” Kata Bripka Sarwanto Bhabinkamtibmas Desa Jombok Polsek Pule Polres Trenggalek di lokasi kegiatan lansia.

Pelayanan Posyandu Lansia, yang dilaksanakan di Desa Jombok rutin dilaksanakan setiap bulan. Dalam Posyandu, Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan, Konsultasi . Dalam pelaksanaannya Kami berkoordinasi dengan desa terkait, dan tingkat partisipasi desa sangat baik, untuk fasilitas tempat dan buku Administrasi menurut penuturan yang disampaikan Bidan Desa Jombok.

Menurut informasi yang disampaikan Bhabinkamtibmas Desa Jombok Polsek Pule Polres Trenggalek, Bripka Sarwanto dari hasil data dan informasi bidan Desa Jombok. Proses menjadi tua mengakibatkan para Lansia mengalami kemunduran fisik dan mental. Salah satu permasalahan yang sangat mendasar pada Pra Lansia dan Lansia adalah masalah kesehatan, sehingga diperlukan upaya menyeluruh untuk meningkatkan kesehatan kelompok Pra Lansia dan Lansia tersebut. Salah satu upaya untuk memberdayakan Lansia adalah melalui pembentukan  dan pembinaan Lansia disebut dengan Posyandu Lansia atau Posbindu Lansia.

Upaya untuk meningkatkan kesehatan dilakukan melalui pengembangan kesehatan yang lebih mengutamakan upaya peningkatan, pencegahan, dan pemeliharaan kesehatan di samping upaya penyembuhan dan pemulihan.


Sumber : Polres Trenggalek