Waka Polsek Tugu Hadiri Pertemuan Lintas Sektor Puskesmas Tugu Di Kantor Kecamatan Tugu

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Bertempat di kantor kecamatan Tugu Trenggalek, Senin (17/07) pukul 09.00 Wib s/d 10.30 Wib Kapolsek Tugu IPTU Bambang Purwanto,S.H.,M.H. yang diwakili oleh Waka Polsek Tugu IPDA Sunawir menghadiri Pertemuan Lintas Sektor Puskesmas Tugu tentang rencana kegiatan Pemberantasan nyamuk DBD Kecamatan Tugu Tahun 2017. Pertemuan yang dihadiri oleh Muspika Tugu,Ka Puskesmas Tugu,Ka Puskesmas Pucanganak,Ka UDP Tugu,Ka SDN 1 Jambu , perwakilan SMPN 1 Tugu.,Ka Unit BRI Tugu, Ka Bank Jatim kas Tugu, Perwakilan dari Ponpes Qomarul Hidayah dan Azzuhadaa,Perwakilan Swalayan Alfamaret/Indomaret, rumah makan Arimbi, pemilik toko dan pengusaha,Perwakilan PT ADMIRA.,Kades Jambu, Kedes duren, kades Gading, kaur kesra Pucanganak, kades Ngepeh, kades Nglinggis. Mendengarkan kepala puskesmas di kecamatan Tugu kabupaten Trenggalek tentang rencana kegiatan pemberantasan nyamuk DBD. Ada beberapa kegiatan tersebut yang diantaranya dari bapak Camat Tugu Drs.Budianto menyampaikan pada bulan Juli di kecamatan Tugu akan dilaksanakan Fogging di wilayah Kec. Tugu.Karena nyamuk Aides Aigepty sudah menyebar dan masuk ke wilayah indonesia, oleh karena itu kita harus menggiatkan kembali kegiatan 3M, (menutup, menguras,mengubur).

Sasaran nyamuk Aides Aigepty paling banyak anak anak.Fogging dampaknya sangat berbahaya dan dampaknya tidak bisa membunuh jentik nyamuk dan yang mati hanya nyamuknya saja .Oleh karena itu kita haris memotivasi dan membudayakan kembali 3 M plus kepada masyarakat untuk cegah perkembangan nyamuk Aedes Aigepty.Hari Jumat tgl 28 Juli 2017 akan dicanangkan kegiatan pemberantasan nyamuk DBD bertempat di lapangan desa Jambu.Anak-anak SMP membuat Banner bertulisakan ajakan pencegahan nyamuk kemudian akan dinilai oleh juri dan dibawa pulang dipasang di sekolah masing masing.Rencana paksanakan apel di lapangan ds. Jambu di pimpin oleh Bupati Trenggalek yang di ikuti oleh pelajar, instansi dan masyarakat dengan agenda kerja bakti bersama masyarakat ds.Jambu dan dilanjutkan penaburan abate di SDN 1 Jambu.

Pemasangan spanduk dan baner himbauan ke sekolah-sekolah, ponpes dan tempat umum lainnya.Kampanye ledang bersama Puskesmas untuk sampaikan giat 3 M Plus dilaksanakan pada hari Kamis tgl 27 Juli 2017 sebelum pelaksanaan apel bersama pemberantasan nyamuk.Kegiatan sosialisasi di laksanakan hari sabtu secara serentak dengan sasaran sekolah kegiatannya membersihkan lingkungan sekolah dan membagikan ABATE sasaran warga masyarakat sekitar sekolah. Pada hari minggu diharapakan masyarakat melaksanakan giat kerja bakti dilingkungan masing – masing untuk pemberantasan nyamuk Aides Aigepty.Kesehatan itu lebih murah dan mudah dari pada pengobatan penyakit. Sehingga pada kesempatan itu diharapkan para Kepala Desa dan Bidan desa untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang hal tersebut,sehingga masyarakat sadar dan ikut berperan aktif,” imbuhnya. Selain itu dari pihak Puskesmas Tugu menyampaikan tahun 2017 daerah lokasi DBD yang selama ini dominasi oleh desa Gondang dan desa Prambon namun untuk saat ini wilayah yang terkena DBD ganti ke desa Gading dan desa Pucanganak.Di setiap wilayah telah di bentuk kader Jumantik 5 orang setiap desa, yang tugasnya memantau jentik nyamuk di wilayah tugasnya.

Pada bulan Maret ke dua desa tersebut di atas sudah di bagikan abate. Wilayah Kecamatan Tugu masuk kategori endemis DBD di setiap desanya. Tahun 2016 terdapat kasus Demam berdarah sebanyak 61 orang terkena kasus DBD, 33 laki laki 28 perempuan,meninggal dunia 1 (satu) anak balita dari Desa Sukorejo.Di setiap wilayah telah di bentuk kader Jumantik 5 orang setiap desa, yang tugasnya memantau jentik nyamuk di wilayah tugasnya. Tahun 2017 melaksanakan loka karya lintas sektor, dengan memberikan tugas kepada anak sekolah mengisi dan memantau jentik nyamuk di rumahnya. Pada bulan Juli pemberantasan sarang nyamuk dengan budayakan 3 M Plus bersama masyarakat secara serentak.Minta doa restu pada semua pihak terutama lintas sektoral di kecamatan Tugu bahwa Puskesmas Tugu dan Pucanganak akan diadakan akresitasi kinerja yang dilaksanakan pada bulan Agustus. Dan yang terakhir Waka Polsek Tugu IPDA Sunawir menyampaikan bahwa Polsek Tugu mendukung semua kegiatan yang dilaksanakan oleh lintas sektoral.

Untuk program pemberantasan sarang nyamuk ini Polsek Tugu sangat mendukung karena untuk program pemberantasan sarang nyamuk ini polsek Tugu sangat mendukung karena berkaitan dengan nyawa.Dan apabila membutuhkan bantuan dari polsek kami siap membantu dan mendukung khususnya yang ada di desa silahkan berhubungan dengan BHKTM, kami siap membeckup. Selama giat berlangsung sampai dengan akhir kegiatan situasi tetap aman dan kondusif.


Sumber : Polres Trenggalek