Personel Polsek Pule Amankan Simulasi Penanganan Kebakaran

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Dalam meningkatkan profesionalitas dan kemampuan penanganan pada saat terjadi bahaya kebakaran dilakukanya simulasi di kantor Puskesmas Pule, Sabtu (16/7). Menindak lanjuti pemberitahuan dari Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana UPT Puskesmas Pule yang dilayangkan ke Polsek Pule Polres Trenggalek Kamis kemarin.

Personel dari Polsek Pule Polres Trenggalek yang diterjunkan dalam kegiatan simulasi kebakaran, Aiptu Lateni dan Aiptu Marjani melalui perintah Kapolsek Pule yang disampaikanya kemarin. Menunjuk kedua personel tersebut untuk bersinergi dengan petugas Puskesmas, Damkar dan Trantib Kecamtan Pule, guna menjaga kelancaran kegiatan simulasi kebakaran. Dengan mengintruksikan kepada warga di seputaran simulasi kebakaran agar tidak panik, kegiatan cuma simulasi dalam bertindak membantu korban kebakaran dan pemadaman di tempat terjadinya kebakaran.

Dalam kegiatan simulasi, mengambil tindakan dalam menyelesaikan kebakaran di dalam ruangan yang terjadi bila kejadian di Puskesmas Pule. Dengan langkah pertama petugas berusaha menyelamatkan pasien yang ada di ruangan dengan cara menyuruh keluar terlebih dahulu, untuk menyelamatkan diri dalam mempertimbangkan  keselamatan. Selanjutnya menghubungi pemadam kebakaran dengan tindakan langsung menyemprot ke lokasi tempat munculnya sumber api.

Beberapa adegan dirangkai dalam kegiatan, setelah pertolongan kebakaran yang berada didalam ruangan. Selanjutnya dilakukan peragaan cara menanggulangi kompor gas yang bocor, apabila pada kompor gas yang terbakar langkah awal  bisa mematikannya dengan  menggunakan karung yang basah, namun apabila kebocoran pada regulator segera mungkin diusahakan untuk melepas regulator tersebut. Terlihat dalam beberapa adegan nampak situasi yang tegang seakan – akan menampilkan kejadian yang nyata, dari yang ikut simulasi pegawai Puskesmas Pule.

“Telah dilakukanya simulasi penanganan kebakaran di halaman Puskesmas Pule, acara dimulai pukul 09,30 s.d 12.00 wib. Kegiatan yang dihadiri dari Kabid damkar kabupaten Trenggalek saudara Bambang, Kasidamkar Tukimin, Kepala  Puskesmas Pule Dr. Bambang berjalan aman dan lanear, ” Kata Aiptu Lateni saat dikonfirmasi setelah kegiatan.

Dalam pengamanan yang mendatangkan mobil besar pemadam kebakaran Kabupaten Trenggalek, panitia pelaksana simulasi sudah mengupayakan soal keamanan. Dalam menentukan kelancaran kegiatan dengan arus lalu -lintas yang bakalan terjadi saat pelaksanaan, mengingat parkir mobil simulasi berada di pinggir jalan raya Pule yang kebetulan sempit. Dengan berkoordinasi dengan Polsek Pule Polres Trenggalek dalam mengatur kelancaran arus, selain dari polsek instansi lain yang ikut Satpol PP 12 personel, turut dalam simulasi. Dari Puskesmas Pule sendiri sebanyak 70 orang juga andil dalam kegiatan simulasi yang dilaksanakan. Pada akhir kegiatan kepala Puskemas Pule menyampaikan terima kasih semua pihak, yang turut mendukung kelancaran kegiatan simulasi penanganan kebakaran di Puskesmas Pule.


Sumber : Polres Trenggalek