Kanit Binmas Polsek Dongko Hadir Dalam Kegiatan Makesta IPNU dan IPPNU

 Polres Trenggalek


Polres Trenggalek – Pada hari Sabtu tanggal 15 Juli 2017 bertempat di Pondok Pesantren Darussalam Dongko P.S. Kanit Binmas Polsek Dongko Aiptu Mujiono menghadiri pelantikan pengurus Ikatan Pelajar Nahdhlatul Ulama ( IPNU ) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdhlatul Ulama ( IPPNU ).

Dalam kesempatan tersebut hadir pengurus lama IPNU dan IPPNU dengan jumlah 75 orang dengan pengisi materi oleh K.H. Ahmad Samingan, S.Ag.

Materi oleh  K.H. Ahmad Samingan, S.Ag. dalam masa kesetiaan anggota ( Makesta ) IPNU dan IPPNU kali ini tentang Sifat  Kemasyarakatan seorang pemimpin.

“Sudah menjadi suatu kewajaran, bahwa seorang pemimpin hendaknya mampu dan bisa untuk senantiasa berinteraksi dengan masyarakat disekitarnya dengan secara meluas, dengan demikian seorang pemimpin dalam hidup bermasyarakat hendaknya juga memiliki sifat-sifat :
– Tawasuth dan I’tidal yakni sikap tengah dan berintikan pada prinsip hidup yang menjunjung tinggi keharusan berlaku adil dan lurus di tengah-tengah kehidupan bersama, dengan sikap dasar ini akan menjadi kelompok, panutan yang bersikap dan bertindak lurus serta selalu bersifat membangun.
– Tasammuh atau sikap toleran terhadap perbedaan pandangan baik dalam masalah keagamaan, terutama masalah yang bersifat furu’ atau menjadi masalah khilafiyah, serta dalam masalah kemasyarakatan dan kebudayaan.
– Tawazzun yakni sikap berimbang dalam berkhikmah, menyerasikan khikmah kepada Allah SWT, Khikmah kepada manusia, serta lingkungan hidupnya, menyelaraskan kepentingan masa lalu, masa kini dan masa mendatang.
Selanjutnya Amar Ma’ruf Nahi Mungkar yakni selalu memiliki kepekaan untuk mendorong perbuatan yang baik, berguna dan bermanfdaat bagi kehidupan besama, serta menolak dan mencegah semua hal-hal yang dapat menjerumuskan dan merendahkan nilai-nilai kehidupan” ucap K.H. Ahmad Samingan, S.Ag.

IPNU dan IPPNU sebagai wadah pembinaan bagi generasi muda NU dalam membangun idiologi, moral, wawasan, ketrampilan dan bakat mempunyai konsekuensi dalam kepentingan dan cita-cita berdasarkan nilai-nilai agama islam. Dalam usaha merealisasikan gagasan organisasi, maka perlu perencanaan yang matang, penyelerasan arah tujuan serta kebijaksanaan organisasi secara berkelanjutan dalam mekanisme system organisasi, imbuhnya.

Tak mau ketinggalan Aiptu Mujiono juga memberikan materi tentang Harkamtibmas serta mendorong IPNU dan IPPNU untuk ikut berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan dan masyarakat.

Sdr. Ropingi selaku penanggung jawab kegiatan berterima kasih kepada Kapolsek Dongko dalam hal ini di wakili oleh Aiptu Mujiono yang telah ikut memberikan materi dan motivasi kepada generasi muda Nahdhlatul Ulama Kecamatan Dongko.


Sumber : Polres Trenggalek