Profesional Tanpa Iman dan Taqwa Terasa Kurang Lengkap

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Profesional dalam bertugas harus dilengkapi dengan keimanan serta ketaqwaan terhadap Allah SWT, sebagai modal untuk membentengi diri dari penyalahgunaan tugas dan wewenang, sebagai contoh kegiatan kerohanian yang dilaksanakan di Polsek Kampak Polres Trenggalek berupa kegiatan Sholat Dhuha berjamaah dilanjut pembacaan surat Yasin bersama-sama dipimpin Kapolsek Kampak Iptu Anwar, SH, Kamis (13/07).

Kemuliaan seorang manusia itu bergantung kepada apa yang dilakukannya. Dengan itu, sesuatu amalan atau pekerjaan yang mendekatkan seseorang kepada Allah adalah sangat penting serta patut untuk diberi perhatian. Amalan atau pekerjaan yang demikian selain memperoleh keberkahan serta kesenangan dunia, juga ada yang lebih penting yaitu merupakan jalan atau tiket dalam menentukan tahap kehidupan seseorang di akhirat kelak.

Guna membentengi diri dari perbuatan yang tidak terpuji maupun penyalahgunaan tugas dan wewenang, maka setiap anggota Polri perlu menyumbangkan jiwa dan tenaganya untuk kebaikan diri, keluarga, masyarakat dan negara tanpa menyusahkan orang lain, Dalam satu hadits yang diriwayatkan oleh Umar r.a., berbunyi : ’Bahwa setiap amal itu bergantung pada niat, dan setiap individu itu dihitung berdasarkan apa yang diniatkannya …’ Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW bersabda : ‘ Binasalah orang-orang Islam kecuali mereka yang berilmu. Maka binasalah golongan berilmu, kecuali mereka yang beramal dengan ilmu mereka. Dan binasalah golongan yang beramal dengan ilmu mereka kecuali mereka yang ikhlas. Sesungguhnya golongan yang ikhlas ini juga masih dalam keadaan bahaya yang amat besar …’ Kedua hadist diatas sudah cukup menjelaskan betapa niat yang disertai dengan keikhlasan itulah inti sebenarnya dalam kehidupan dan pekerjaan manusia.

Tujuan sholat Dhuha berjamaah dan pembacaan surat yasin yang rutin dilaksanakan di Polsek Kampak Polres Trenggalek adalah membentuk angota Polri yang tak hanya mampu bekerja namun memiliki nilai ketaqwaan yang besar kepada Allah SWT.

“Bekerja adalah manifestasi amal saleh. Bila kerja itu amal saleh, maka kerja adalah ibadah. Dan bila kerja itu ibadah, maka kehidupan manusia tidak bisa dilepaskan dari kerja. Bukankah Allah SWT menciptakan manusia untuk beribadah kepada-Nya” ujar Iptu Anwar, SH.


Sumber : Polres Trenggalek