Bhabinkamtibmas Antisipasi Peredaran Beras Campuran Pemutih dan Beras Oplosan

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas desa Senden Polsek Kampak Polres Trenggalek Brigadir Imron melaksanakan sambang ke salah satu pengusaha selep padi, Kamis (13/07).

Sambang kali ini bertujuan memberikan informasi dan himbauan agar para pengusaha selep padi tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum serta perbuatan yang merugikan masyarakat dengan cara memproduksi beras dengan campuran bahan kimia pemutih atau mencampur beras yang kurang layak untuk dikonsumsi sehingga terlihat putih dan punel.

Beras yang putih sebenarnya tidak selalu sehat. Beras yang mengandung pemutih biasanya lebih rapuh. Justru yang paling baik dan mengandung serat lebih banyak terdapat pada beras yang berwarna agak coklat. Beras yang berwarna coklat atau merah lebih banyak mengandung serat dibanding beras putih.

“Tahukah anda klorin itu sangat berbahaya untuk kesehatan kita. Klorin dapat menyumbat pembuluh darah tersumbat dan juga bisa mengakibatkan terpicunya serangan jantung. Selain itu klorin juga mempunyai potensi memicu kanker, mari bekerja dengan jujur agar lebih barokah” ujar Brigadir Imron.

Alhamdulillah sampai saat ini diwilayah hukum Polsek Kampak Polres Trenggalek masih belum diketemukan usaha selep padi yang mencampur beras dengan pemutih ataupun beras oplosan.


Sumber : Polres Trenggalek