Rakor Penanggulangam Demam Berdarah

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Tingginya angka kasus demam berdarah (DBD) diwilayah hukum Polsek Suruh Polres Trenggalek dan pada saat ini wilayah Suruh menempati posisi kedua dari kasus demam berdarah menjadi perhatian dari semua pihak, tak terkecuali muspika Kecamatan Suruh yang menjadi pengambil kebijakan, untuk mengambil langkah langkah guna mengurangi sekaligus menciptakan wilayah Suruh bebas dari Penyakit Demam Berdarah, pada hari ini (11/07) bertempat diaula Kecamatan Suruh dilangsungkan rapat koordinasi penanggulangan Demam Berdarah.

Materi dalam rakor kali ini di sampaikan oleh Petugas dari Puskesmas Suruh yang menjelaskan bahwa DBD atau demam berdarah dengue merupakan penyakit yang selalu ada di setiap tahunnya di wilayah Kabupaten Trenggalek khususnya di Kecamatan Suruh, Penyebab penyakit DBD  adalah virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti.

Dengan perilaku hidup yang sehat kita akan terhindar dari penyakit DBD misalnya menutup bak air dan tidak menampung air yang tidak terpakai atau mengurasnya dan mengubur barang barang yang bisa menampung air hujan sehingga tidak dipakai nyamuk untuk bertelur.

Dalam rapat koordinasi tersebut dicapai kesepakatan bahwasannya sebelum Bupati turun kewilayah para Kepala Desa dan Warga Masyarakat harus segera mengambil langkah langkah kongkrit seperti mengadakan kerja bhakti masal dengan sasaran lingkungan sekolah, kandang kandang binatang dan lingkungan masyarakat sehingga penyebaran demam berdarah dapat segera dicegah.

Kapolsek Suruh AKP H Yasir WSD,  SH menyampaikan bahwasannya akan mengerahkan seluruh personil Polsek Suruh Polres Trenggalek untuk melakukan kerja bhakti dengan sasaran lingkungan sekolah dan masjid serta tempat tempat umum yang ada diwilayah Suruh.

“Saya perintahkan untuk seluruh Bhabinkamtibmas jajaran Polsek Suruh Polres Trenggalek agar segera turun kedesa binaan masing masing untuk memberikan motivasi kepada warga masyarakat tentang bahayanya penyakit demam berdarah,” terangnya.

Ia menjelaskan bahwasannya dengan adanya kejadian merebaknya demam berdarah ini, Bhabinkamtibmas jajaran Polsek Suruh Polres Trenggalek serta Bhabinsa Posramil Suruh harus menjadi garda terdepan untuk mengajak warga masyarakat agar bersama sama peduli terhadap kebersihan dan keamanan dilingkungan masing masing.


Sumber : Polres Trenggalek