Kehadiran Bhabinkamtibmas Desa Jombok Penuh Arti Bagi Warganya

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Silaturahmi dan menyambangi masyarakatnya dalam acara kegiatan arisan Perangkat desa dilaksanakan Bhabinkamtibmas Desa Jombok Bripka Sarwanto, disela-sela kegiatan dinas di Mako Polsek Pule Polres Trenggalek, Sabtu (9/7). Bertempat di rumah salah satu perangkat Desa Jombok, Bintoro yang menjabat sebagai Kaur di Desa Jombok acara yang di gelar setiap bulan di Desa Jombok ini.

Dalam kegiatan yang dilakukannya, dilaksanakan shering antar perangkat desa dengan Bhabinkamtibmas. Mengenai evaluasi keamanan dan ketertiban di Desa Jombok, yang membahas situasi masyarakat desa dalam mempersiapkan calon pemimpin desa sebagai ganti kades yang telah meninggal. Dinyatakan salah satu perangkat desa, menjadi pemimpin di Desa Jombok kedepannya diperlukan profil yang mumpuni. Melihat kinerja Kades yang terdahulu telah mengantarkan Desa Jombok dalam sektor infrastruktur pembangunan, jangan sampai kinerja Kades yang mengganti lebih menurun. Dan menjaga kekompakan diantara perangkat desa selalu diperhatikan kades yang dahulu, itu beberapa modal yang harus dimiliki Kades Jombok kedepannya.

Bhabinkamtibmas dalam menanggapi hal tersebut, Bhabinkamtibmas juga memiliki  harapan yang sama. Dalam menciptakan adanya tiga pilar yang ada, karena unsur ini apabila tidak adanya sinergitas maka sulit dalam menciptakan rencana kegiatan di desa yang melibatkan unsur tiga pilar.

Disampaikan juga dalam kegiatan, terkait upaya dalam mencegah paham radikalisme di tingkat desa. Paham radikslisme yang menurut etimologi bahasa radikal berarti keras dan isme merupakan penambahan arti sifat, dari keseluruhan paham radikalisme merupakan suatu aliran/paham yang keras. Dengan menyebut orang yang tidak sepaham bisa dikatakan kafir, dan menurut pemahamannya orang kafir ini harus di musuhi. Upaya dalam pencegahan di masyarakat desa dengan monitor tentang adanya aliran yang ada, diharapkan masyarakat harus peka di lingkungannya jangan ada yang terbius oleh adanya umroh gratis yang ujungnya tidak jelas.

“Kita melakukan kegiatan sambang desa, dengan melakukan tanya jawab dengan aparat desa. Mengenai situasi Kamtibmas dan situasi lainnya yang berkaitan dengan situasi di desa. Kami telah bersinergi dengan perangkat Desa Jombok dalam pelaksanaan situasi kamtibmas yang ada, serta kewaspadaan adanya orang asing/tamu yang datang dan menginap di rumah warga baik di mushola maupun masjid jika mengetahui hal tersebut laporkan ke aparat desa maupun ke saya sebagai Bhabinkamtibmas desa ini atau ke Polsek Pule” Kata Bripka Sarwanto saat dikonfirmasi di Mako Polsek Pule Polres Trenggalek.


Sumber : Polres Trenggalek