Bhabinkamtibmas Sukokidul Brigadir Iqbal : Mari Kita Cetak Generasi Yang Unggul Dari Wilayah

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – “Anak merupakan aset yang paling berharga bagi masa depan bangsa. Mereka sebagai tunas, potensi, dan generasi muda penerus cita-cita perjuangan bangsa harus diasuh, dilindungi, dan di didik dengan baik. Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan,” ucapan Brigadir Iqbal dalam kegiatan halal bi halal dengan kelompok masyarakat yang tergabung dengan Paud Fajar Bersinar desa Sukokidul.

Kegiatan yang menghadirkan Bhabinkamtibmas Desa Sukokidul Brigadir Iqbal, dilaksanakan pada hari Rabu (5/7). Bhabinkamtibmas yang mewakili dari Polsek Pule dengan tidak hadirnya Kapolsek Pule Polres Trenggalek dikarenakan adanya tugas yang tidak bisa di tinggalkan di waktu yang sama, melalui momen halal bi halal dan silaturahmi. Brigadir Iqbal menyampaikan pesan terkait perlindungan anak, melalui penyampaian undang -undang tentang perlindungan anak yang terbaru.

Menurutnya, Dalam mempertegas perlunya pemberatan sanksi pidana dan denda bagi pelaku kejahatan terhadap anak terutama kepada kejahatan seksual yang bertujuan untuk memberikan efek jera, serta mendorong adanya langkah konkrit untuk memulihkan kembali fisik, psikis dan sosial anak.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengantisipasi anak (korban kejahatan) dikemudian hari tidak menjadi pelaku kejahatan yang sama. Karena berdasarkan fakta yang terungkap pada saat pelaku kejahatan terhadap anak (terutama pelaku kejahatan seksual) diperiksa di persidangan, pada kenyataannya ada beberapa pelaku yang mengaku bahwa pernah mengalami tindakan pelecehan seksual ketika pelaku masih usia anak.

Dalam menyikapi kejadian yang pernah muncul, diluar wilayah Polsek Pule Polres Trenggalek guna mencegah jangan sampai ada kejadian yang sama. Diharapkan peran aktif orang tua dalam mengawasi anak-anaknya, dengan selalu mengecek hand phone bila menggunakan untuk menghindari bahaya pelaku penculikan anak. Yang masih di bawah usia 18 tahun bisa dikatakan anak, bagi orang tua yang memiliki anak perempuan agar waspada dalam memperhatikan anaknya. Beberapa pesan yang disampaikan Brigadir Iqbal dalam kegiatan halal bi halal di Desa Sukokidul.


Sumber : Polres Trenggalek