Asah Kemampuan Beditako Personel Polsek Pule Aktifkan Bela Diri Polri

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Kemampuan dalam pertarungan menggunakan tangan kosong dalam melumpuhkan musuh dan melindungi diri personel Polri saat dilapangan sudah diberikan pada waktu pendidikan masuk Polri, untuk mengingat sekaligus  mempraktekan kembali dilakukan simulasi penyelesaian musuh di halaman mako Polsek Pule Polres Trenggalek, Rabu (5/7). Kegiatan yang dipimpin langsung Kapolsek Pule Iptu Suraji,SH,MH dengan diikuti jajaran personel Polsek Pule dalam simulasi setelah kegiatan apel pagi.

Beladiri tangan kosong(Beditako) yang dimiliki personel Polri mengadopsi dari beladiri negara Sakura, yang menggunakan cara bantingan dalam melumpuhkan lawan dalam pertarungan jarak dekat. Kemampuan dalam membanting dalam perkelahian musuh bisa diaplikasikan dalam gerakan ipong sionage dan ongosh, melalui kegiatan yang dilakukan dalam menginggat gerakan. Di praktekan oleh Aiptu Nugroho sebagai tori penyelesai dan Aiptu Muhtar dalam kegiatan ini menjadi uke yang diselesaikan, melalui gerakan yang penuh bertenaga dibantingnya uke sehingga jatuh dilantai Mako Polsek Pule Polres Trenggalek. Semua gerakan di praktekan oleh personel Polsek Pule secara berpasangan, dan dilakukan secara bergantian.

Kegiatan beladiri merupakan upaya Polri dalam menghadapi kejadian terorisme yang berkembang sekarang ini, melalui pelatihan untuk menginggat gerakan untuk meningkatkan reflek kemampuan beladiri sewaktu-waktu menghadapi musuh saat bertugas di lapangan. Yang mana teroris sendiri dengan berbagai upaya dalam menyerang Polri akhir-akhir ini, dengan melakukan penyerangan dan kegiatan teror melalui pemasangan bendera ISIS.

“Selain kemampuan dalam penggunaan senpi dalam menundukan musuh, kemampuan dalam beladiri harus dirasakan mampu oleh setiap Polri yang bertugas di lapangan. Kami akan asah terus kemampuan beladiri tangan kosong  Polri dengan memberikan latihan dan mengingat beladiri yang diajarkan di lembaga pendidikan dengan latihan berpasangan, ” Kata Iptu Suraji saat dikonfirmasi di Mako Polsek Pule Polres Trenggalek setelah kegiatan Rabu Tskill.

Kegiatan dalam Rabu Tskill, yang di pimpin Kapolsek Pule merupakan rencana dan program Polri dalam peningkatan kemampuan Personel Polri setiap minggu. Dalam latihan mengikuti setiap kemampuan yang ada dari setiap Polri yang harus di miliki. Dari pelatihan administrasi sampai dengan tingkat kemampuan beladiri, ini yang terus diupayakan Polri dalam memperbaiki performen di masyarakat.


Sumber : Polres Trenggalek