Halal Bihalal Dan Perayaan Hari Raya Idhul Fitri : Memperkokoh Persatuan Dan Kesatuan

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Hari raya Idhul Fitri merupakan hari  kemenangan umat islam yang mana sebelumnya selama satu bulan penuh telah melaksanakan perintah TUHAN Y.M.E yakni Puasa Ramadhan yang mana umat islam telah berperang melawan hawa nafsu.

Paska perayaan hari raya idhul fitri salah satu kegiatan yang merupakan ciri khas warga negara Indonesia adalah perayaan halal bihalal, karena Halal bihalal selain sebagai sarana mempererat kembali tali silaturahim juga merupakan wujud nyata dari tradisi bangsa.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Kantor Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek pada hari ini Senin tanggal 3 Juli 2017 yang juga hari pertama masuk dinas setelah liburan atau cuti bersama Hari raya idhul fitri, Camat Dongko Ir. Mulyono membuka acara halal bihalal bertempat di Kantor kecamatan Dongko dengan mengundang seluruh elemen forum komunikasi/Muspika beserta Asosiasi Kepala Desa Dongko sekaligus para Perangkat Desa se Kecamatan Dongko.

Camat Dongko Ir. Mulyono saat membuka acara halal bihalal menuturkan Halal Bihalal merupakan ciri khas Indonesia, dengan kita mengadakannya berarti kita ingin melanjutkan kebiasaan baik dari bangsa ini.

“Halal bihalal ini bermakna tidak hanya saling memaafkan saja akan tetapi juga membangun Silaturahim dan komunikasi sebagai implementasi usaha memajukan bangsa,” ucap Camat Dongko.

Wakapolsek Dongko Iptu Sugiyanto yang hadir mewakili Kapolsek Dongko AKP Tri Basuki,S.H. menyampaikan bahwa halal bihalal harus menjadi momentum untuk melakukan introspeksi diri baik sebagai individu, makhluk sosial, maupun makhluk organisasi.

“Kita semua harus menyadari bahwa kita bukanlah makhluk yang sempurna sehingga pasti ada salah dan khilaf, maka daripada itu marilah kita lapangkan hati untuk meminta maaf dan bersedia memaafkan kepada satu dan lainya selanjutnya  dapat Memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa,” pungkas Wakapolsek  Dongko.


Sumber : Polres Trenggalek