Kapolsek Karangan Melepas Kirab 1000 Ketupat, Dalam Rangka Perayaan Kupatan Di Wilayah Karangan

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Kapolsek Karangan AKP Sutrisno, S.H. mengibarakan bendera Start sebagai tanda melepas pawai kirab 1000 ketupat dalam rangka perayaan kupatan genap di  hari ke 8 setelah hari raya Idul Fitri, Minggu (02/06).

Merupakan tradisi masyarakat Desa Karangan yang dipusatkan di Masjid Baiturrohman, Dusun Pinggirsari, Desa Karangan, Kabupaten Trenggalek setiap hari ke 8 setelah hariraya Idul Fitri diadakan pawai dengan mengarak tumpukan ketupat yang disusun menyerupai gunung yang dinaikkan diatas mobil bak terbuka. Yang iringi oleh rangkaian mobil yang dihias sedemikian rupa agar menarik sesuai tema perayaan kirab ketupat.

Setidaknya ada 3 gunungan ketupat yang dinaikkan mobil bak terbuka untuk diarak keliling Kecamatan Karangan untuk dibagi – bagikan kepada warga masyarakat yang dilewati pawai kirab ketupat tersebut.

“Jaraknya sekitar 10 km reute yang dilalui oleh peserta pawai, melewati desa – desa yang ada di Kecamatan Karangan, selanjutnya pawai berakhir di tempat semula yaitu di Masjid Baiturrohman,” tutur Ketua panitiya kirab Drs. Kusmiyanto.

Lebih lanjut menuturkan, tradisi kirab ketupat ini sebagai rasa syukur setelah leberan ke-2 hingga ke-7 melaksakan puasa sunnah Syawal, dan pada hari ke-8 merupakan puncak hari rayanya Idul Fitri.

Peserta kirab terdiri dari 60 mobil yang dihias agar menarik dan setidaknya ada 70 sepeda motor. Setelah sampai finish semua warga yang ada melakukan doa dilanjutkan makan ketupat bersama – sama.

“Kami panitiya memberikan hadiah satu ekor kambing bagi mobil peserta kirab yang penampilan dan hiasanya dinilai terbaik sesuai tema perayaan ketupat,” jelas Kusmiyanto.

Acara dinilai bejalan dengan sukses berkat kerja sama dengan Polsek Karangan yang menerjunkan setidaknya 18 anggota untuk mengawal dan mengamankan disetiap ruas jalan yan dilalui pawai kirab ketupat


Sumber : Polres Trenggalek