Pertemuan Kapolsek Pule Dengan Kades Sidomulyo Wujudkan Kemitraan

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Tidak disangka – sangka rombongan Kapolsek Pule dalam perjalanan menuju ke wilayah Sidomulyo bertemu dengan Kadesnya tepatnya di Jalan raya Desa Puyung, Kamis (22/6). Pertemuan yang tidak direncanakan tersebut mengharuskan mobil yang ditumpangi Kapolsek Pule Polres Trenggalek  berhenti di pinggir jalan, begitu juga saat Kades Wahyono berhenti memarkirkan kendaraannya di tepi jalan.

Pertemuan singkat dengan orang yang di nomor satukan di Sidomulyo yang memangku jabatan Kades, dimanfaatkan oleh Kapolsek Pule Polres Trenggalek menanyakan situasi yang ada selama kegiatan puasa di Sidomulyo. Karena situasi dan jumlah anggota yang terbatas tidak bisa mengamati secara langsung situasi di desa, dan mempercayakan situasi Kamtibmas kepada unsur tiga pilar yang ada di Desa Sidomulyo.

Menurut informasi yang diperoleh dari Kades Sidomulyo dalam perkembangan situasi terakhir wilayahnya kondusif, kejadian menonjol seperti tindak pidana konvensional seperti pencurian dan hipnotis tidak ditemukan. Di Desa Sidomulyo terdapat adanya hari pasaran kliwon, situasinya cukup ramai namun masih bisa di monitor keamanannya. Pasaran hari kliwon ini, letaknya berbatasan dengan wilayah Ponorogo, setiap hari pasaran para pedagang tumpah di jalan terdapatnya jalan alternatif sehingga memudahkan pengalihan arus lalin mengurangi adanya kemacetan.

Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji menyampaikan pesan kepada Kades Sidomulyo untuk menciptakan situasi kamtibmas di Sidomulyo yang kondusif  baik saat pelaksanaan puasa dan perayaan hari raya Idul Fitri agar disampaikan kewarganya untuk tidak menyulut petasan dan sejenisnya.

Sudah menjadi tradisi di malam menjelang perayaan hari raya seluruh umat islam mengumandangkan gema takbir, dihimbau  demi tertibnya situasi disaat pelaksanaan takbiran, untuk tidak melakukan takbir keliling baik dengan arakan sepeda motor maupun menggunakan kendaraan truk dan memakai sound sistem. Masyarakat dianjurkan untuk berkonsentrasi pelaksanaan takbiran di lokasi masjid atau mushola yang ada, dalam menciptakan situasi yang lebih aman menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti kejadian laka. Menginggat kondisi jalan wilayah Sidomulyo banyak tanjakan, turunan dan belokan.

“Saya sudah sampaikan kepada Kades Wahyono agar turut memelihara situasi Kamtibmas di desanya, dalam menjelang pelaksanaan takbiran nanti. Dengan turut sertanya semua warga dalam mendukung tugas Polri, kita harapkan sampai akhir pelaksanaan Operasi Ramadaniya wilayah Pule aman, ” Kata Kapolsek Pule saat dikonfirmasi di Mako Polsek Pule Polres Trenggalek,  Jum’at (23/6).


Sumber : Polres Trenggalek