Pantau Situasi Kamtibmas, Kapolsek Pule Kunjungi Desa Puyung

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Suasana keakraban saat rombongan Kapolsek Pule Polres Trenggalek dan Waka Polsek Pule tiba di balai Desa Puyung, di sambut oleh perangkat desanya di ruang tamu balai tampak Kasun Krajan, kaur Pemerintahan Purwanto dan Kasun Sendang, Kamis (22/6).

Saat pembicaraan dengan unsur pemerintahan Desa Puyung Kapolsek Pule memberikan arahan terkait upaya toleransi beragama, guna menciptakan situasi yang kondusif di wilayah hukum Polsek Pule. Dengan peran serta semua warga terutama dari pemerintahan Desa Puyung situasi kerukunan beragama akan terlaksana, yang mana sebenarnya wilayah Desa Puyung mayoritas penduduknya muslim. Namun sebagai upaya dini kegiatan sosialisasi antar umat beragama menjadi masalah nasional, yang harus disampaikan keseluruh warga agar mengetahuinya.

Toleransi beragama berarti saling menghormati dan berlapang dada terhadap pemeluk agama lain, tidak memaksa mereka mengikuti agamanya dan tidak mencampuri urusan agama masing-masing. Umat Islam diperbolehkan bekerja sama dengan pemeluk agama lain dalam aspek ekonomi, sosial dan urusan duniawi lainnya. Dalam pelaksanaan sehari-hari tidak adanya penudingan salah satu agama yang benar, dan menganggap kelompok agama lainnya kafir ini yang harus ditiadakan.

“Kita menghormati perbedaan yang ada sebagai unsur persatuan, dengan melihat perbedaan bukan sebagai pemisah akan tetapi menitik inti perbedaan yang ada merupakan usaha dalam beribadah. Disampaikan kemarin kepada perangkat Desa Puyung untuk disampaikan kepada warganya terhadap toleransi beragama, ” Kata Iptu Suraji saat di konfirmasi di Mako Polsek Pule Polres Trenggalek, Jum’at (23/6).


Sumber : Polres Trenggalek