Kapolsek Pule Saat Pertemuan Dengan Tokoh Agama Desa Tanggaran

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Kyai Gunawan merupakan tokoh agama di Dusun Krajan, Desa Tanggaran yang ditemui oleh Kapolsek Pule Iptu Suraji, Rabu (21/6). Dalam pertemuanya dengan tokoh agama ini, Kapolsek Pule Polres Trenggalek menarik misi dalam pendekatan dengan tokoh agama.

“Sudah beberapa tokoh yang sempat saya temui di wilayah Pule, mengingat warga Pule mayoritas muslim sehingga mudah apabila diajak komunikasi. Dan perkembangan situasi yang ada sekarang ini terkait situasi Kamtibmas, apabila tidak didukung oleh masyarakat yang termasuk tokoh agama didalamnya kelihatannya masih kurang optimal. Dengan peran tokoh agama yang berpengaruh dilingkungan, akan sedikit banyak membantu tugas Polisi, “Kata Iptu Suraji saat bertemu dengan tokoh agama Desa Tanggaran.

Dalam kegiatan dilingkungannya, tokoh Kyai Gunawan sudah tidak bisa dijauhkan dari pembangunan masjid yang terletak di dekat rumahnya. Tokoh ini merupakan orang yang dipercaya masyarakat dilingkungan Dusun Krajan, untuk menjadi sesepuh masjid dan imam dari jamaahnya.

“Alhamdulilah warga di Dusun Krajan sudah banyak yang bergerak hatinya melaksanakan ibadah sholat berjamaah di masjid, melihat situasi yang terasa dilingkungan Krajan sangat jauh dari tindakan yang menjurus pada larangan hukum dan agama, “ Kata Kyai Gunawan yang disampaikan merespon pembicaraan Kapolsek Pule Polres Trenggalek.

Menurut Kapolsek Pule, meskipun situasi yang aman dan religius kewaspadaan dan juga perhatian terhadap lingkungan harus tetap terjaga. Mengantisipasi masuknya paham yang baru yang menganut aliran keras, karena diprediksi di Jawa Timur keyakinan yang bersifat radikal masih berkembang. Dengan mengetahui apabila ada orang yang baru masuk dan domisili dilingkungan sebaiknya ditanyakan asal-usulnya, serta tujuannya ke wilayah situ. Peran aktif masyarakat diperlukan dalam hal seperti itu, yang merupakan salah satu upaya pencegahan paham radikalisme.


Sumber : Polres Trenggalek