Polsek Karangan, Galakkan Kring Serse Guna Optimalkan Pecegahan Terjadinya Kejahatan Menjelang Lebaran

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Diprediksi menjelang lebaran atau Hari Raya Idul Fitri tingkat kriminalitas akan mengalami peningkatan, hal ini menjadi atensi Unit Reskrim Polsek Karangan untuk menggalakkan Kring Serse di titik – titik tertentu yang dianggap rawan kejahatan yang berada di wilayah Polsek Karangan, Polres Trenggalek. Kamis (22/06).

Tiga anggota Unit Reskrim dipimpin Aipda Suwarto, S.H. malam itu tampak melakukan kegiatan kring serse di Desa Ngentrong dan sekitarnya yang dianggap rawan, membaur bersama pemuda – pemuda yang sedang nongkrong – nongkrong di tengah – tengah pemukiman penduduk. Memberikan pendekatan dan berusaha untuk menjalin komunikasi yang baik agar nantinya terbentuk jaringan yang bisa membantu tugas polisi dan mau memberikan informasi – informasi apappun tentang kamtibmas.

“Kami melakukan pendekatan dengan semua lapisan terutama para pemuda yang berpotensi di Desa Ngentrong ini, untuk menumbuhkan rasa simpati kepada polisi agar tumbuh kesadaran tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum,” tutur Suwarto.

Fungsi kring serse dengan Unit Patrloli terbuka walau ada perbedaannya terutama segi seragam atau pakaian, serse berpakaian bebas pantas, namun tujuannya sama yaitu untuk pencegahan agar tidak terjadi tindak kejahatan dalam suatu wilayah yang menjadi tanggung jawabnya.

Kapolsek Karangan AKP Sutrisno, S.H. ditempat terpisah menerangkan pihaknya sengaja menggalakkan kring serse menyikapi situasi di penghujung bulan suci ramadhan tahun ini dan menghadapi Hari Raya Idul Fitri yang biasanya tingkat kriminalitas meningkat. Dan agar anggota selalu dalam keadaan siap bergerak apa bila sewaktu – waktu ada kejadian.

“Kring serse, gunanya untuk mengoptimalkan pecegahan agar tidak terjadi adanya kejahatan. Biasanya serse hanya begitu ada kejadian baru turun, maka dengan digalakkan kring serse fungsi reskrim Polsek Karngan bisa maksimal dalam tugasnya,” ujar Sutrisno.

Ditambahkan walaupun selama ini wilayahnya dalam keadaan aman dan kondusif, kesiap siagaan selalu di kedepankan.


Sumber : Polres Trenggalek