Kapolres Trenggalek Dukung Pemberdayaan Masyarakat Miskin Kabupaten Trenggalek

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Sebagai wujud kepeduliannya terhadap masyarakat miskin, Pemkab Trenggalek menggelar acara penyuluhan dan pembinaan dalam kegiatan pemberdayaan fakir miskin, wanita rawan sosial ekonomi dan PMKS lainnya T.A 2017 yang dimotori oleh Dinas Sosial Kabupaten Trenggalek di Pendopo Manggala Praja Nugraha. Rabu (21/06).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto, M.Sc. Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si, Dandim 0806 Trenggalek Letkol Arm Bayu Argo Asmoro, Kajari Trenggalek Umaryadi, SH, Ketua Pengadilan Negeri Trenggalek Ahmad Virza Rudiansyah,SH, MH, Kepala OPD Kabupaten Trenggalek, Muspika se-Kabupaten Trenggalek dan Lurah se-Kabupaten Trenggalek.

Dalam acara yang dihadiri oleh sedikitnya 580 orang tersebut, Bupati Trenggalek menyampaikan bahwa Pemkab Trenggalek mempunyai program unggulan yaitu Gertak atau Gerakan ke bawah masalah kemiskinan yang bertujuan untuk menolong msyarakat miskin dengan cara gotong royong.

Selain itu, pemerintah sedang mengupayakan kartu KIS akan tetapi harus ada niat hidup sehat dan selalu memeriksakan kesehatannya. Demikian pula tentang kebencanaan, Trenggalek menjadi percontohan penanggulangan bencana alam di Indonesia.

“Ini adalah keberhasilan kita. Kabupaten Trenggalek dapat mengelola penanggulangan bencana dengan mandiri tanpa mengganggu anggaran lainnya.” jelas Emil

Dihubungi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Donny menuturkan, pihaknya sangat mendukung upaya pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan dengan program Gertak-nya. Bahkan dalam waktu pihaknya akan menyinkronkan dengan ATM Beras yang dimiliki Polres Trenggalek.

“Jadi nantinya, ATM Beras yang kita miliki akan tekoneksi dengan program Gertak. Ada panel khusus yang kita sediakan agar masyarakat mudah melaporkan atau mengakses tanpa harus mendatangi posko Gertak. Tidak hanya itu, ada juga fasilitas ambulan dan pemadam kebakaran yang melekat jadi satu di ATM Berasnya. Bahasa kerennya, Multifungsi. Ini masih proses penyiapan perangkatnya.” Pungkas AKBP Donny.


Sumber : Polres Trenggalek