Amankan Pasaran Desa Sebelum Lebaran

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Aktifitas masyarakat di pasar legi desa Suruh yang merupakan pusat perekonomian yang ada di wilayah hukum Polsek Suruh Polres Trenggalek meningkat menjelang datangnya hari raya Idhul Fitri 1438 H, peningkatan tersebut disebabkan karena warga masyarakat banyak yang berbelanja untuk kebutuhan pada hari raya nanti,  keramaian dan aktifitas tersebut tampak pada hari ini (20/06).

Sejak pagi pukul 05.30 Wib anggota Polsek Suruh Polres Trenggalek telah stand by melaksanakan pengaturan arus lalu lintas di sepanjang jalur pasar legi, pasar legi yang berada dipinggir jalan protokol tersebut mengharuskan anggota terjun di lapangan melaksanakan pengaturan arus lalu lintas karena jalan akan menjadi macet karena aktifitas masyarakat di pasar maupun pengguna jalan lainnya.

Seperti tahun-tahun yang lalu, menjelang lebaran di pasar Suruh dipadati oleh warga masyarakat, dan warga masyarakat Suruh dengan menyebut istilah prepekan yang mana kegiatan di dalam pasar pada hari-hari terakhir menjelang datangnya Idhul Fitri,  dan kemungkinan dengan adanya banyaknya pengunjung maka tindak kejahatan akan muncul dan meningkat, seperti kejahatan konvensional seperti pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, penipuan, hipnotis serta pencurian kendaraan bermotor.

Kanit Bimas Aiptu Sukono yang sedang  menyusuri lorong didalam pasar berhenti disebuah kios penjualan perhiasan emas memberikan himbauan dan pesan pesan Kamtibmas. Dengan memfokuskan masalah peningkatan kewaspadaan terhadap pelaku kriminal, yang semakin banyak modus operandinya dalam melakukan suatu tindak kejahatan.

Kapolsek Suruh AKP H Yasir WSD,  SH mengungkapkan pihaknya telah rutin melaksanakan pengamanan di setiap hari pasaran legi ini. “Pasar Suruh menjadi sangat ramai dan macet karena berada pada jalur utama penghubung antar kecamatan dan kabupaten, sehingga dibutuhkan keberadaan anggota Polsek Suruh Polres Trenggalek di lapangan,” ungkapnya.

“Selain pengaturan arus lalu lintas di sepanjang jalur pasar, tim tindak dari anggota Reskrim dan Intelkam juga melaksanakan pengamanan di  dalam pasar dan toko emas guna mengantisipasi terjadinya suatu tindak pidana,” tambah AKP H Yasir WSD,  SH.

Kapolsek Suruh menambahkan bahwasannya pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas pada setiap pasaran sudah merupakan agenda rutin yang telah dijadwal dan dilaksanakan oleh Polsek Suruh Polres Trenggalek dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, namun khusus untuk hari ini pengamanan pasar lebih banyak personil yang diterjunkan.


Sumber : Polres Trenggalek