Ringankan Beban Mbah Toinah Yang Renta, Bhabinkamtibmas Desa Kayen Beri Bantuan Sembako

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Tugas seorang  Bhabinkamtibmas adalah sangat mulia, ya karena tugas pokoknya membina kemanan dan ketertiban masyarakat secara langsung.  Ini merupakan tugas sosial yang banyak menyentuh kebutuhan mendasar bagi masyarakat. Menjadi seorang Bhabinkamtibmas diperlukan skiil, keluesan dalam bergaul, kecekatan dan kepedulian tanpa batas bagi warga binaannya.

Sadar akan hal tersebut Bripka M.Toha sebagai Bhabinkamtibmas Desa Kayen yang bertugas sehari – hari di Polsek Karangan, Polres Trenggalek dengan segenap upayanya bertekad memberikan yang terbaik bagi warga binaannya.

Salah satu upaya yang dilaksanakan menyambangi Mbah Toimah yang sudah tua renta, umur 84 tahun, beralamat di Dusun Depok RT.06, Desa Kayen. Hidup sebatang kara karena tidak mempunyai  anak. Menempati  rumah yang sangat sederhana, berdinding bambu ukuran satu kamar. Miris memang kalau ada angin bertiup dari luar apalagi pada malam hari akan terasa dinginnya malam menerpa kulit tua yang keriput.

Untuk kebutuhan hidup sehari – hari hanya menggantungkan uluran tangan dari tetangga kanan kiri, namun yang patut di apresiasi walaupun hidup serba kekurangan ibadahnya selalu tekun.

“Saat saya sambangi pertama kali kerumahnya, Mbah Toimah sedang membaca ayat – ayat suci Al Quran walaupun dengan suara yang tertatih – tatih. Saya sampai terharu mendengarnya,” tutur Bripka M.Toha.

Selepas melaksanakan sambang desa Bhabinkamtibmas ini melaporkan keadaan Mbah Toimah kepada Kapolsek Karangan, kemudian disepakati Kapolsek untuk diberikan bantuan sembako.

Pada kesempatan berikutnya Kapolsek Karangan AKP. Sutrisno, S.H. bersama Bhabinkamtibmas mernyambangi Mbah Toimah untuk memberikan bantuan sembako dan keperluan lainnya, Selasa (20/06).

Mbah meniko kulo sak konco saking Polsek Karangan namung saget nyaosi sembako meniko mbah (mbah ini saya dan kawan dari Polsek Karangan hanya bisa memberi sembako ini mbah,” percakapan Bripka Toha dengan Mbah Toimah.

Yang kemudian dibalas dengan ucapan terima kasih. “Matur suwun ngih nak kolu namung saget ndongo mugi – mugi panjenengan sedoyo diparingi sehat, rejeki ingkang kathah saking Allah (saya hanya bisa mendoakan mudah – mudahan semua di beri kesehatan, rejejeki yang banyak dari Allah)”.

Hal semacam ini merupakan kepedulian anggota polisi kepada warga masyarakat yang memerlukan bantuan, sebagai  implementasi program Polres Trenggalek, Polisi Peduli Sesama (P2S) yang digagas oleh Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si.

 


Sumber : Polres Trenggalek