Polsek Karangan Tertibkan Ronda Sahur, Agar Masyarakat Bisa Merasakan Manfaatnya

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Polsek Karangan menertibkan masyarakat yang melakukan ronda membangunkan warga untuk makan sahur di sepanjang jalan protokol dan pemukiman padat penduduk di wilayah Kecamatan Karangan dengan cara hunting keliling memonitor pergerakan bunyi – bunyian ronda yang mengganggu warga yang sedang istirahat. Selasa (20/06).

Masyarakat melakukan ronda membangunkan orang untuk melaksanakan makan sahur untuk melaksanakan puasa ramadhan sebenarnya tidak dilarang, tetapi harus ditertibkan karena kerap malah mubazir manfaatnya tidak ada. Karena ada yang memakai pengeras suara atau sound sistem yang suaranya memakakkan telinga dengan musik yang tidak jelas. Dan waktunya jam 01.00 sudah dimulai. Hal ini sangat mengganggu dan menyimpang dari tujuan semula.

“Jadi kalau ada yang membunyikan soun sistem kadang juga membawa mesin deisel, kami berhentikan kemudian kami peringatkan agar suara musik yang menggang tersebut dimatikan begitu juga mesin deiselnya. Kami arahkan untuk balik kanan atau pulang kerumah masing – masing,” terang Aiptu Asri Sutrisno yang memimpin panertiban tersebut.

Asri Sutrisno melanjutkan, bahwa kalau yang melaksanakan ronda memakai musik manual atau dipukul seperti kentongan atau drum dengan suara yang wajar tidak memakai pengeras suara diperbolehkan, justru yang semacam ini yang perlu di lestarikan. Kemudian waktunya yang paling tepat dimulai jam 03.00 sampai jam 04.00 WIB.

Sebelumnya banyak keluhan dari masyarakat dengan keberadaan ronda sahur memakai musik dengan suara yang sangat keras, masyarakat banyak yang merasa terganggu.

“Kami akan selalu terjun kelapangan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat muslim yang melakukan ibadah puasa dibulan ramadhan ini, dengan menertibkan ronda saur, agar kegiatan masyarakat yang sudah membudaya ini ada manfaatnya,” tutur Kapolsek Karangan AKP Sutrisno, S.H.,

Diterangkan, bahwa himbauan – himbauan sudah dilaksanakan baik melalui spanduk dan penyuluhan – penyuluhan langsung ke masyarakat agar masyarakat memperhatikan waktu dan tidak membunyikan sund sistem saat ronda makan saur. Namun karena masih banyak yang belum mematuhinya, pihaknya tiap malam melakukan penertiban.


Sumber : Polres Trenggalek