Disela Tugas Piket, Bhabinkamtibmas Sempatkan Diri Sambangi Desa Binaannya

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Peran seorang Bhabinkamtibmas dalam membina keamanan di desanya diperlukan waktu yang relatif banyak agar pelayanan di desa binaannya bisa terpenuhi secara maksimal.

Bhabinkamtibmas Polsek Karangan, Polres Trenggalek terbagi dalam 12 desa, jadi jumlah Bhabinkamtibmas juga ada 12 personil dan kesemuanya tiap hari dikenakan tugas piket jaga Kantor Polsek Karangan, sehingga harus pandai – pandai mengatur waktu untuk sambang ke desa binaannya.

Pelaksanaan sambang desa bisa dilaksanakan  pada waktu cadangan, sedang dinas dan saat lepas dinas bisa siang juga bisa malam. Tergantung situasi dan kondisi di lapangan. Yang penting dilihat dari segi prioritas mana yang perlu didahulukan.

Bripka Siswanto Bhabinkamtibmas Desa Buluagung bersama Brigadir Joko Utomo, Bripka Iskandar dan Brigadir Wahyudi (anggota Unit Patroli) disela – sela tugas jaga, Senin malam (19/06) menyambangi desa Suber, Desa Ngentrong dan Desa Buluagung yang masing –  masing merupakan desa binaan ke tiga petugas Bhabinkamtibmas tersebut.

“Saya ini kalau sedang tugas piket jaga saya usahakan datang sambang ke desa binaan saya kadang sendiri yang sering bersama –  sama dengan kawan saya yang lain, datang untuk berdialog dengan warga ataupun perangkat desa untuk mengetahui perkembangan situasi kamtibmas juga memberikan himbauan atau penyuluhan sekalian patroli,” tutur Brigadir Siswanto.

AKP Sutrisno, S.H. Kapolsek Karangan membenarkan bahwa anggota Bhabinkamtibmas harus sering datang ke desa binaannya agar selalu memonitor situasi dan perkembangan keamanan dan ketertiban yang ada di wilayahnya.

“Anggota Bhabinkamtibmas agar selalu memonitor dan datang langsung ke desa binaannya jalin kerja sama dengan tiga pilar, ciptakan rasa aman dan tertib di tengah – tengah masayarakat, serap aspirasi atau gejolak masyarakat yang berkembang karena Bhabinkamtibmas merupakan basis terdepan untuk deteksi dini,” tutur AKP Sutrisno, S.H.

Kapolsek menuturkan semua tugas memang penting antara tugas piket jaga dan sambang ke desa binaannya  bagi anggota Bhabinkamtibmas, jadi syifatnya situasional, mana yang perlu didahulukan harus didahulukan dan selalu koordinasi dengan anggota yang lain juga lapor ke Kapolsek.


Sumber : Polres Trenggalek