Aiptu Nugroho KSPKT B Polsek Pule : Masyarakat Pule Harus Waspada Penipuan Berhadiah

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – “ Sudah menjadi trend kejahatan menjelang adanya lebaran idul fitri, Dari perampokan dengan menggunakan senjata api seperti kejadian di SPBU Mogot sampai dengan penipuan melalui hand phone yang menjanjikan calon korbanya dengan iming-iming hadiah. Jangan sampai kejadian yang seperti itu akan terjadi di wilayah Pule, Saatnya masyarakat harus sadar jangan tertarik oleh sms dari salah satu operator yang menjanjikan adanya hadiah dari undian,” Kata Aiptu Nugroho saat berdialogis dengan pemilik counter HP, Di jalan raya Pule – Pakel , Senin (19/6).

Makin maraknya kejahatan yang dilakukan para pelaku kriminal, Salah satu kejahatan yang muncul adalah penipuan online via Hand Phone. Jenis kejahatan ini muncul dengan berjajar perkembangan teknologi hand Phone, Tidak main-main modus operandi pelaku kejahatan ini menjanjikan hadiah puluhan juta. Dengan terlebih dahulu menghubungi nomor telepon yang merupakan pelaku yang sudah bekerja sama, Dan berujung ke transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri ( ATM ) untuk mentransfer sejumlah uang. Para korbanya baru sadar setelah saldo dalam rekeningnya habis, Untuk transfer ke seseorang yang dituntun melalui Hand Phone.

Perkembangan dunia komunikasi memang ada dua keuntungan, Yang mana ada segi positif dan segi kejahatan yang dilakukan orang-orang yang memanfaatkan kemajuan alat komunikasi serta adanya kelemahan korban yang menuruti pelakunya. Dari segi positifnya dapat kita ambil manfaat dari kemajuan komunikasi, Dengan adanya Hand Phone kita lebih mudah berkomunikasi meskipun dari jarak yang jauh. Misalnya kita berkomunikasi melakui HP ke luar Negeri, Itu salah satu keuntungan yang didapat dari kemajuan komunikasi.

Dari berbagai dampak negatif dari perkembangan komunikasi, Saatnya masyarakat sadar agar tidak tertipu oleh janji – janji hadiah yang diberikan. Masyarakat Pule khususnya harus sadar dan jangan mudah percaya, Bila mendapatkan SMS berhadiah supaya berkoordinasi dengan keluarga yang mengerti atau melaporkan kebenarannya kepada Polisi atau ke kantor Polsek Pule Polres Trenggalek. Agar kejadian yang sama di wilayah lain tidak terjadi dan menimpa warga Pule.

“Harapannya di wilayah Pule tidak ada laporan masyarakat yang kena tipu karena janji hadiah dari salah satu operator seluler yang ada, Dengan sosialisasi seperti ini kita Turn Back Crime penipuan melalui hand Phone,” Kata Aiptu Nugroho saat dikonfirmasi di Mako Polsek Pule Polres Trenggalek.


Sumber : Polres Trenggalek