Polsek Karangan Pengamanan Ujian Seleksi Perangkat Desa Di Kecamatan Karangan

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Diwilayah Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek terdapat 4 desa yang mengalami kekurangan perangkatnya, yaitu Desa Sumber, Desa Ngentrong, Desa Kayen dan Desa Sukowetan, ke empat desa tersebut penyelenggaraan ujian seleksi, tempat dan waktunya menjadi satu.Kamis (15/06).

Bertempat di gedung sekolah SMPN 1 Karangan sebanyak 39 orang dari 41 yang mendaftar (2 orang mengundurkan diri), dengan seksama mengikuti ujian seleksi penyaringan perangkat desa dengan materi tentang Pancasila, UUD 1945, Tata Pemerintahan dan Kepemimpinan, ujian parktek komputer dan wawancara.

Muspika Kecamatan Karangan secara simbolis membuka pelaksanaan penyelengaaran ujian seleksi perangkat desa, memastikan bahwa pelaksanaannya berjalan sesuai aturan yang berlaku.

“Kami sepenuhnya menyerahkan kepada pihak panitiya untuk penyenggeraan seleksi ini agar terpilih perangkat desa yang memang betul – betul mumpuni dan memperoleh nilai yang terbaik, kami tidak boleh menginterfensi, sepenuhnya wewenang panitiya penyelenggara,” tutur Camat Karangan Sholichin, S.Ip.,M.Si.

Mulai pengamanan naskah ujian sebelum pelaksanaan, Polsek Karangan melakukan pengamanan hingga penyelenggaraan ujian sampai selesai setidaknya ada 5 personil  yang diterjunkan.

“Kami tugaskan masing – masing Bhabinkamtibmas yang desanya mengukuti seleksi perangkat desa untuk melakukan pengamanan dan ditambah pengamanan tertutup,” ujar Kapolsek Karangan AKP Sutrisno, S.H. usai pembukaan seleksi.

Penitiya penyelenggara gabungan 4 desa telah menunjuk satu lembaga independen yaitu Lembaga Sunrise Malang, dari Kabupaten Malang sebanyak 5 0rang yang diketuai oleh Hamzah.

Formasi perangkat desa yang mendapat jatah untuk diisi Desa Sumber adalah Kaur Keuangan yang mendaftar 7 calon, Desa Ngentrong Kaur Kesra yang mendaftar 7 orang dan Kasun Soko yang mendaftar 4 orang, Desa Kayen Kasi Pemerintahan yang mendaftar 2 orang dan Kaur Keuangan yang mendaftar 2 orang kemudian Desa Sukowetan Sekretaris Desa yang mendaftar 12 orang, dan Kasun Soko yang mendaftar 6 orang dan Kasun Tamanan yang mendaftar 3 orang.

Penyelenggaraan berjalan dengan tertib dan teratur sehingga acara seleksi berjalan aman dan kondusif. Yang dimulai jam 09.00 WIB berakhir sampai jam 15.30 WIB. Dan sekaligus hari itu juga dapat diperoleh nilai dari semua peserta.

Dari hasil rekapitulasi yang diperoleh dari panitiya, yang mendapat nilai tertinggi dari kelompok perangkat desa masing – masing sebagai berikut, Desa Sumber formasi Kaur Keuangan nilai tertinggi diperoleh Agus Priyono, Desa Ngentrong formasi Kaur Kesra Riyan Adi Santoso kemudian Kasun Soko Adi Sarmawanta, Desa Kayen untuk formasi Kaur Keuangan nilai tertinggi diperoleh Yetin Dian S. dan Kaur Pemerintahan Vivi Meilia Novita Sari, Desa Sukowetan formasi Sekretaris Desa nilai tertinggi diperoleh Sadngudi Wasono, formasi Kasun Soko diperoleh Titis Dwi Pranoto dan Kasun Tamanan diperoleh Fajar Intan Fahrudin.

Dengan demikian tinggal menunggu penetapan berikutnya untuk mendapat Surat Keputusan dan menunggu waktu pelantikan.


Sumber : Polres Trenggalek