Pastikan Kegiatan Aman di Bulan Ramadhan, Bhabinkamtibmas Hadiri Pentas Wayang

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Menghadiri Giat pentas wayang kulit di rumah warganya merupakan wujud kedekatan Polri dengan masyarakat binaan guna memupuk rasa persatuan dan kesatuan warga dalam menyikapi Kebhinekaan yang ada di lingkungan desanya.
Hal inilah yang mendasari Bhabinkamtibmas Polsek Watulimo Polres Trenggalek Brigadir Sujoko selalu hadir dalam setiap kegiatan warganya.

Seperti yang dilakukan pada hari Rabu (14/06/2027) malam, Brigpol Sujoko bersama Babinsa dan tokoh masyarakat dusun Suwur Watuagung sedang duduk bersama tokoh masyarakat guna menyaksikan dan mengantisipasi gangguan kamtibmas dalam rangka pentas wayang kulit di rumah Darmaji warga Rt. 23 Dusun Suwur Desa Watuagung, dalam giat ini Brigpol Sujoko selalu menitipkan pesan kamtibmas ditengah tengah masyarakat yang menyaksikan pertunjukan tersebut dengan bahasa yang mudah dipahami warganya. Dan hampir semua warga yang hadir semua sudah kenal dengan Bhabinkamtibmas satu ini karena Brigpol Sujoko adalah putra asli desa Watuagung.

Dalam keterangannya Bhabinkamtibmas mengatakan bahwa malam ini akan diadakan pentas wayang kulit Semalam suntuk dengan Lakon Tribawono Manunggal dalam rangka Ulang tahun Ilmu Sejati yang ke 3 oleh Ki Dalang Kondo Suseno dari Kediri,

Dusun Suwur merupakan penduduk muslim yang kompak bahkan sebagian warga watuagung sering mengatakan lingkungan santri.

“Nah disini Bapak Darmaji merupakan guru besar perkumpulan Ilmu Sejati yang mempunyai pengikut ratusan orang dan bahkan kebanyakan dari luar desa watuagung yang berdomisili ditengah tengah tengah lingkungan santri, kami sangat bangga dengan warga Suwur yang selama ini sudah bisa hidup rukun berdampingan dengan adanya perbedaan keyakinan dan tidak saling memperdebatkan perbedaan itu, saya kira disini prinsip Kebhinekaan sudah terjadi dan terwujudnya toleransi umat beragama, dan saya tidak lupa selalu berpesan agar selalu waspada dengan faham faham radikalisme yang cenderung membawa pengaruh sikap Intoleransi” ujar Brigadir Sujoko.

Selanjutnya, Bhabinkamtibmas juga selalu berpesan kepada warga apabila terjadi suatu permasalahan atau perselisihan baik permasalahan yang kecil maupun yang besar, sebaiknya tidak mengambil tindakan sendiri agar senantiasa berkordinasi dengan pihak yang berwajib agar tidak keliru dalam bertindak dan menambah suasana semakin memburuk.

Kegiatan ini dari awal sampai akhir prosesi berjalan aman dan lancar.


Sumber : Polres Trenggalek