Bupati Trenggalek Menyerahkan Bantuan Alsinta Kepada Kelompok Tani, Disaksikan Muspika Karangan

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Bupati Trenggalek Dr. Emil Elistianto Dardak, M.Sc. di Kantor Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek menyerahkan berbagai alsinta (Alat Mesin Pertanian) kepada 22 Kelompok Tani yang terpilih di Kabupaten Trenggalek dan disaksikan oleh undangan yang hadir diantaranya Dandim 0608 Trenggalek, Kadis Pertanian dan Muspika Kecamatan Karangan, Rabu (14/06).

Penyerahan alsinta tersebut sangat diperlukan oleh para petani guna keperluan pengairan berupa mesin pompa air, pengolahan tanah berupa traktor, menanam padi dan mesin untuk memanen dan sekaligus perontok padi.

“Alat mesin pertanian yang diserahkan kepada petani kali ini sangat canggih, dan alat ini bisa menghemat tenaga, waktu dan biaya sehingga petani bisa memetik hasil panen padi dengan maksimal,” tutur Bupati Trenggalek.

Alsinta yang diserahkan antara lain 6 buah traktor besar roda empat, 8 buah traktor tangan roda dua, 2 buah rice Transplenter (mesin pemanen dan perontok padi) dan 8 buah mesin pompa air.

Emil Dardak berharap dengan bantuan alsinta dari pemerintah ini dapat digunakan dengan sebaik – baiknya agar petani yang ada di Trenggalek hasil produk panennya selalu meningkat.

“Dengan bantuan alat mesin pertanian yang canggih ini juga bisa merangsang generasi muda untuk menekuni pertanian, sehingga swasembada pangan akan selalu terwujud dan berlanjut sehingga sebutan negara agraris yang menjadi kebanggaan kita betul adanya,” harapan Emil.

Salah satu Ketua Kelompok Tani Margo Mulyo dari Kecamatan Durenan Mujianto mengungkapkan, bahwa dengan bantuan alat mesin pertanian ini sangat membantu karena disamping menghemat waktu juga menghemat tenaga.

“Sekarang ini saya mencari tenaga buruh tani untuk mengolah tanah saya sangat kesulitan, dengan adanya bantuan mesin ini Isya’ Allah sangat bermanfaat,” tutur Mujianto salah satu Ketua Kelompok Tani yang mendapat bantuan.

Kapolsek Karangan yang diwakili Wakapolsek Iptu Mujiono, S.H. sangat mendukung upaya pemerintah untuk memajukan pertanian di wilayahnya.

“Dengan adanya warga masyarakat atau petani yang makmur, ekonomi akan meningkat, tentu kriminalitas akan berkurang,” tutur Aiptu Mujiono.


Sumber : Polres Trenggalek