Patroli Polsek Pule Razia Penjual Mamin Sekaligus Monitor Harga Sembako di Pasar Pule

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 1438 H yang Insaalloh kurang 12 hari lagi, situasi pasaran Wage Pule sangat ramai, banyaknya pengunjung maupun para pedagang mamin dadakan di seputaran lokasi pasar yang menyediakan kebutuhan baik untuk berbuka puasa maupun menyambut perayaan hari raya Idul Fitri.

Personil Polsek Pule Polres Trenggalek yang di pimpin Kanit Sabhara Aiptu Mukani dan melibatkan beberapa anggota melaksanakan patroli, guna mencegah terjadinya aksi tindak kriminalitas serta memberikan rasa aman terhadap warga masyarakat yang beraktifitas di pasar. Selain itu juga melakukan dialogis, razia terhadap pedagang mamin sekaligus monitor harga sembako di bulan ramadhan dan menjelang perayaan hari raya Idul Fitri,Selasa (13/6).

Beberapa pedagang mamin di lakukan razia, salah satunya di lapak milik Sutilah warga Pule, yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman siap saji dan hasilnya tidak diketemukan mamin yang kedaluwarsa atau expiret. Dari dialogis yang dilakukannya terhadap beberapa pedagang sembako hasilnya juga tidak ada kenaikan harga yang signifikan, harganya masih wajar dan terjangkau.

Selain melakukan razia, dalam kesempatan ini tak lupa juga memberikan himbauan kepada para pedagang mamin. Agar tidak memperjual belikan Mamin yang merugikan konsumen yang membeli, dengan mencampur makanan dan minumanya dengan bahan pengawet yang berbahaya. Serta menghindari perbuatan menjual makanan yang sudah kedaluwarsa atau expired, yang bisa merugikan pembeli dan juga bisa dipidanakan.

Untuk diketahui barang Expired atau kedaluwarsa merupakan benda baik berwujud maupun tidak berwujud, baik bergerak maupun tidak bergerak, dapat dihabiskan dan tidak dapat dihabiskan, yang dapat untuk diperdagangkan, dipakai, digunakan, atau dimanfaatkan oleh konsumen yang sudah melebihi batas yang ditentukan. Biasanya pada barang yang sudah memiliki ijin beredar dipasaran, mencantumkan masa kedaluwarsa di kemasanya.

“Kita akan lakukan razia terhadap pedagang makanan dan minuman siap saji serta monitor perkembangan harga sembilan bahan pokok di bulan ramadhan dan menjelang perayaan idul fitri, jangan sampai ada oknum pedagang yang mengambil kesempatan untuk mencari keuntungan yang tidak wajar, sehingga  dapat  merugikan konsumen. Hasil dari giat hari ini tidak menjumpai mamin yang expired, adanya harga sembako tidak ada kenaikan masih dalam batas kewajaran,” Kata Aiptu Mukani Kanit Sabhara Polsek Pule Polres Trenggalek saat memimpin kegiatan patroli di hari pasaran Wage Pule.


Sumber : Polres Trenggalek