Antisipasi Kerawanan Jalur Mudik, Satlantas Polres Trenggalek Tinjau Jalan Nasional Trenggalek-Ponorogo

 Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Demi menjamin keamanan dan keselamatan para pengendara menjelang hari Raya Idul Fitri 1438 H, jajaran Satlantas bersama Forum Lalulintas Kabupaten Trenggalek dan instansi terkait meninjau jalur nasional di KM 16 hingga 18 masuk desa Nglinggis Kecamatan Tugu Trenggalek, Senin (12/06).

Kaurbinops Satlantas Polres Trenggalek Iptu Suwanan saat ditemui dilokasi menuturkan, jalan nasional Trenggalek-Ponorogo merupakan jalur mudik cukup padat khususnya dari arah Malang menuju Ponorogo atau Jogjakarta dan sebaliknya.

Pada musim hujan yang lalu, KM 16-18 kerap terjadi longsor hingga menutup seluruh badan jalan. Upaya pembersihanpun bisa berhari-hari lamanya bergantung pada volume longsoran. Namun tetap saja menimbulkan kemacetan yang cukup panjang.

“Kalau hujan masih ada kemungkinan longsor, namun untuk saat ini masih cukup aman dilewati.” Ujar Iptu Suwanan.

Meskipun relatif aman, Tim gabungan ini menemukan beberapa titik ruas jalan yang berlubang. Oleh karenanya, Iptu suwanan mewanti-wanti pengendara agar lebih waspada dan berhati-hati. Apalagi medan jalan nasional tersebut merupakan jalur pegunungan yang banyak kelokan dan turunan tajam.

“Iya betul, ada beberapa titik jalan yang berlubang. Nanti akan kami sampaikan saran kepada instansi terkait agar segera diperbaiki sebelum lebaran.”tambah Iptu Suwanan.

Dihubungi terpisah, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K., menjelang arus mudik lebaran, pihaknya akan membuat rekayasa lalulintas, berupa pemasangan rambu peringatan maupun jalur alternatif jika terjadi situasi kontijensi seperti banjir dan tanah longsor, sehingga arus mudik tetap lancar dan tidak ada halangan berarti.

“Semoga tidak ada bencana alam di Trenggalek khususnya KM 16-18. Namun persiapan tetap diperlukan jika kerawanan itu terjadi. Kita sudah siapkan semuanya.” Pungkas AKP Ricky


Sumber : Polres Trenggalek